Senin, 06 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Program Kreativitas Mahasiswa, Lomba Bergengsi yang Bisa Kamu Ikuti!

Program Kreativitas Mahasiswa, Lomba Bergengsi yang Bisa Kamu Ikuti!

Mahasiswa tidak hanya dihadapkan pada tugas kuliah dan ujian, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menyalurkan bakat mereka melalui berbagai lomba. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah Program Kreativitas Mahasiswa atau disingkat PKM.

PKM sendiri merupakan sebuah kegiatan yang digagas oleh Kemendikbud Ristek sejak tahun 2001 lalu. Tujuannya adalah agar mutu mahasiswa di kampus semakin meningkat. Jadi, mahasiswa tidak hanya unggul dalam hal akademis, namun juga non akademis.

Jenis-jenis Program Kreativitas Mahasiswa yang Bisa Diikuti

PKM mengkombinasikan kegiatan pendidikan, riset dan juga mengabdi kepada masyarakat. Berikut adalah beberapa perlombaan di PKM yang bisa kalian ikuti jika sudah menjadi mahasiswa:

1. PKM-P (Penelitian)

PKM-P adalah program di bidang penelitian. Program ini sering menyelenggarakan lomba yang mengedepankan kemampuan penelitian mahasiswa seperti:

  • Lomba Riset dan Inovasi

Lomba ini fokus pada penelitian dan inovasi di berbagai bidang. Mahasiswa diundang untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan menjalankan proyek riset yang berkualitas.

  • Kompetisi Proposal Penelitian Mahasiswa

Mahasiswa dapat mengikuti kompetisi ini dengan mengajukan proposal penelitian yang memiliki relevansi dan metodologi penelitian yang baik.

2. PKM-K (Kewirausahaan)

PKM-K adalah program yang mengasah bakat mahasiswa dalam berwirausaha. Program ini biasanya mengadakan beberapa lomba. 

Baca juga: 17 Beasiswa Kuliah di UNNES dan Daya Tampungnya!

Misalnya, pengembangan produk, lomba ini mengajak mahasiswa untuk mengembangkan produk atau jasa baru yang bisa berhasil di pasaran.

3. PKM-T (Teknologi)

Sesuai namanya, maka PKM-T ini fokus untuk membuat program di bidang teknologi. Program kreativitas mahasiswa di bidang teknologi ini biasanya menyelenggarakan perlombaan seperti:

  • -Hackathon

Hackathon adalah lomba yang mana peserta bersaing untuk mengembangkan solusi teknologi dalam waktu yang terbatas, seperti pengembangan aplikasi atau perangkat lunak.

  • Kompetisi Desain Teknologi

Lomba ini menilai kemampuan mahasiswa dalam merancang teknologi baru atau meningkatkan teknologi yang sudah ada.

4. PKM-M (Pengabdian Masyarakat)

Nah, jika jenis PKM satu ini fokusnya adalah mengabdi untuk masyarakat. Biasanya, mahasiswa bisa mengikuti lomba yang punya dampak sosial kepada masyarakat.

Lomba ini menilai proyek atau inisiatif mahasiswa yang memberikan dampak positif langsung pada masyarakat, sesuai dengan fokus PKM.

Mau mengasah kreativitas dan jiwa kompetisi ketika menjadi mahasiswa? Manfaatkan saja program kreativitas mahasiswa ini sebagai media untuk belajar dan berkompetisi!