Jumat, 26 April 2024
Sekolah Dasar

Para Murid SDNU Pemanahan Berziarah ke Makam KH Kholil di Wonokromo

Para Murid SDNU Pemanahan Berziarah ke Makam KH Kholil di Wonokromo

Setelah melaksanakan upacara bendera pada Senin (06/02/2023) pagi, para murid SDNU Pemanahan beserta Kepala Sekolah dan jajararannya (para guru dan karyawan) melakukan ziarah ke pemakaman Wonokromo I yang berada tepat di sebelah barat Masjid Pathok Negoro Taqwa Wonokromo.

Dalam rangka memperingati 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), para murid SDNU Pemanahan yang jumlahnya sekitar 150-an murid berfokus mengunjungi makam KH. Kholil yang berada di pemakaman tersebut.

Diketahui, KH. Kholil merupakan guru dari pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari dan pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan. Ia dahulu juga dikenal merupakan tokoh penyebar tarekat Syatoriah di wilayah Wonokromo dan sekitarnya.

Pembacaan dzikir tahlil dan doa dalam kegiatan ziarah di makam KH Kholil tersebut dipimpin oleh pengasuh pondok pesantren Nurul Istadz, Gus Abdul Haris. Sebelum memimpin doa, ia juga menjelaskan sejarah singkat terkait KH Kholil.

Saat perjalanan ke pemakaman Wonokromo I, para rombongan dari SDNU sempat kehujanan dan berteduh. Meskipun pakaian basah dan ditemani hujan, mereka semua tetap bersemangat melakukan kegiatan ziarah kubur tersebut.