Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Revitalisasi Green House di Padukuhan Ngemplak

KKN UAD Revitalisasi Green House di Padukuhan Ngemplak

Revitalisasi Green House di Padukuhan Ngemplak oleh mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam KKN Reguler 101 Unit IX.D.1 melakukan revitalisasi lahan green house yang sudah lama terbengkalai di Padukuhan Ngemplak, Srigading, Sanden, Bantul. Pada 9 Februari 2023, mereka mengawali kegiatan tersebut dengan sosialisasi bersama ketua kelompok tani, dilanjutkan dengan pembersihan dan penanaman bibit.

Rumah kaca ini merupakan sebuah bangunan yang terbuat dari bahan kaca atau plastik tebal di seluruh permukaannya dan biasa digunakan sebagai tempat budi daya tanaman. Berdasarkan penuturan Kepala Dukuh Ngemplak Eko Destri Antono, di Ngemplak sendiri terdapat 1 green house yang didirikan oleh masyarakat pada tahun 2018. Tempat tersebut digunakan sebagai sarana untuk mendukung pertumbuhan dan budi daya tanaman bagi petani.

“Sayang sekali sejak pandemi melanda, green house jadi terbengkalai. Padahal sebelumnya terdapat berbagai macam tanaman seperti cabai, terong, tumbuhan obat keluarga, dan lainnya tersusun rapi di tempat tersebut,” jelas Eko.

Menanggapi persoalan tersebut, Ketua Unit IX.D.1 Muhammad Afief berpendapat bahwa cukup sayang jika lahan tersebut hanya dijadikan tempat penyimpanan alat-alat pertanian seperti sekarang. Oleh karena itu, setelah berkoordinasi dengan Wahyudi selaku Ketua Kelompok Tani dan beberapa petani lain di padukuhan, Unit IX.D.1 sepakat untuk menghidupkan kembali green house. Berbagai bibit tanaman seperti cabai, pakcoy, terong, dan nanas, mulai ditanam lagi di lahan tersebut.

Hal tersebut jelas ditanggapi positif oleh Eko dan Wahyudi selaku pemangku jabatan di Padukuhan Ngemplak. “Semoga dengan bantuan tim KKN UAD, masyarakat bisa tertarik untuk kembali aktif menanam dan merawatnya,” terang Wahyudi. Eko juga menyampaikan harapannya agar bangunan ini dapat terus berjalan dan menjadi nilai plus bagi Padukuhan Ngemplak. (tsa/aff)

uad.ac.id