Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kunci Sukses Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Kunci Sukses Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

H. Rahmadi Wibowo S., Lc., M.A., M.Hum. pemateri kajian di Masjid Islamic Center UAD (Foto: Catur)

Kajian singkat Masjid Islamic Center (IC) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada kesempatan ini membahas mengenai cara mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Acara ditayangkan melalui kanal YouTube Masjid Islamic Center UAD dengan pembicara H. Rahmadi Wibowo S., Lc., M.A., M.Hum.

Setidaknya ada 2 pembahasan penting mengenai tema yang diangkat, yakni bagaimana kunci sukses di dunia dan bagaimana sukses di akhirat. Berkaitan dengan hal itu Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi umat manusia yang berisi tuntunan hidup. Di dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa keyakinan seorang hamba akan adanya kehidupan akhirat setelah kehidupan dunia adalah sebuah kewajiban.

“Sebagai orang beriman harus mengetahui dan mengamalkan kiat sukses hidup di dunia dan akhirat. Allah Swt. memberikan tuntunan bahwa kita harus senantiasa selalu berdoa agar dapat meraih sukses dunia dan akhirat. Sebagaimana hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 201 yang artinya “Dan di antara mereka ada yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka’”,” jelas Rahmadi Wibowo.

Terdapat beberapa tanda seseorang mendapatkan kebaikan di dunia. Pertama, memiliki iman yang kokoh, itu artinya yakin dan percaya akan hukum Allah Swt. Kedua, memiliki fisik yang sehat dengan berusaha selalu melakukan yang terbaik dengan cara-cara yang sesuai syariat Islam.

Ketiga, memperoleh ilmu yang bermanfaat. Jadi, tidak cukup hanya banyak memiliki ilmu pengetahuan saja, tetapi ilmu itu dapat memberi kebermanfaatan. Ilmu yang dimaksud adalah yang mengantarkan diri sendiri makin dekat kepada Allah serta bermanfaat bagi orang lain. Terakhir, mendapatkan rezeki yang barokah. Rezeki yang barokah akan senantiasa dipergunakan di jalan Allah Swt. penuh dengan nilai lebih dan bertambahnya kebaikan.

“Sedangkan tanda seseorang mendapatkan kebaikan akhirat hanya ada satu yaitu dijauhkan dari siksa api neraka. Seseorang dapat masuk ke dalam surga karena ia mendapatkan kebaikan di dunia dengan iman yang kokoh, rezeki yang dipergunakan di jalan Allah Swt., ilmu yang bermanfaat, dan perbuatan amal saleh lainnya sehingga di akhirat kelak ia akan dimasukkan ke surga,” tutupnya. (ctr)

uad.ac.id