Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN UAD Kenalkan Baju Adat Yogyakarta di Thailand

Mahasiswa KKN UAD Kenalkan Baju Adat Yogyakarta di Thailand

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kenalkan baju adat Yogyakarta kepada siswa di Thailand (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang saat ini tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional di Thailand, mengenalkan baju adat Yogyakarta kepada para siswa Mattayom (setara SMP-SMA) di Songserm Sasana Vitaya School. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 6 Februari 2023 dan disambut baik oleh para siswa.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa mengenalkan blangkon, jarik, kamus timang, surjan, dan kebaya dengan motif lurik. Selain pengenalan secara filosofis, mereka juga mempraktikkan cara menggunakan pakaian adat tersebut. Pengenalan baju adat ini menjadi salah satu dari 13 program kerja utama tim KKN UAD di bidang kebudayaan. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada para siswa di Songserm Sasana Vitaya School.

Aleem Ambut, salah satu siswa kelas 3/2 mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Kami bahagia sekali bisa mengenal kebudayaan Indonesia, saya juga suka blangkon,” ungkapnya. Secara umum, para siswa memang menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kegiatan berlangsung. Hal itu diharapkan menjadi sinyal positif bagi kebudayaan Indonesia untuk dapat berkiprah di kancah internasional.

Selama 1 bulan, tim KKN Internasional UAD akan menjalankan pengabdian di Songserm Sasana Vitaya School, Thailand. Mereka diterjunkan pada 28 Januari 2023 lalu dan akan terus melakukan program-program inovatif, terutama bagi para siswa. Tim terdiri atas Raindras Dilla Arsa, Rafa Nafisah, Ghina Azmi Faaiqoh, Inkana Uswah Azizah, dan Mahdaniatul Khusna. (tsa/mhd)

uad.ac.id