Jumat, 26 April 2024
Sekolah Dasar

City Tour Kelas IV SD Islam Hidayatullah Semarang

City Tour Kelas IV SD Islam Hidayatullah Semarang

Antusias siswa dalam mengikuti field trip tahun ini sangat menggebu. Terlebih setelah sekian lama kegiatan tersebut vakum akibat pandemi. Meski tahun lalu sudah terlaksana, tetapi euforianya berbeda dengan tahun ini. Hal ini dikarenakan saat pelaksanaan kegiatan, siswa sudah terbentuk kurang lebih selama 1 semester.

Kegiatan yang dilaksanakan Senin, 27 Februari 2023 kemarin, diikuti oleh 111 siswa kelas IV dan didampingi 14 guru pendamping. Sasaran tempat belajar tahun ini berada di tengah Kota Semarang, yakni Grand Maerokoco dan Lawang Sewu. Tempat tersebut menjadi tujuan belajar karena terintegrasi dengan materi pembelajaran kelas IV. Tentunya saat ini dipelajari oleh siswa. Terkait keberagaman rumah adat dan sejarah bangsa Indonesia.

Siswa mengikuti kegiatan dengan semangat. Terlihat dari tak lunturnya energi mereka meski waktu menuju siang dan hujan mulai datang. Dimulai dari kegiatan menyusuri Grand Maerokoco dengan kereta kelinci. Siswa mengamati miniatur rumah adat dari seluruh kabupaten di Jawa Tengah. Setelah itu, siswa diajak menyusuri hutan mangrove sambil belajar bagian-bagian dari pohon mangrove dan manfaatnya bagi lingkungan.

Tonton keseruan kami ????

Kegiatan diakhiri dengan melakukan kunjungan ke Lawang Sewu, bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota Semarang. Seluruh siswa menyusuri setiap ruangan di Lawang Sewu. Di sana, siswa didampingi oleh guide lokal yang menjelaskan tentang sejarah dan seluk beluk Lawang Sewu.

Dengan seluruh rangkaian acara pada hari itu, insyaallah seluruh peserta city tour merasa gembira dan pastinya mendapatkan pengalaman berharga dapat beleajar di luar sekolah bersama seluruh teman dan guru. Alhamdulillah.