Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Lilin Aromaterapi dan Peluang Usahanya

Lilin Aromaterapi dan Peluang Usahanya

Mahasiswa KKN Reguler 101 Unit II.A.3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi di Dusun Jelok (Foto: Ummi Hasanah)

Kini, banyak masyarakat yang tertarik dan membeli lilin aromaterapi sebagai salah satu cara untuk meredakan stres dan gangguan kecemasan. Selain itu, efek aromanya dinilai dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Melihat peluang tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit II.A.3 mengadakan pelatihan pembuatan lilin aromaterapi. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah acara arisan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada 24 Februari 2023 di Kantor RT Dusun Jelok.

Acara ini merupakan salah satu program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat khususnya kalangan ibu-ibu. “Pelatihan ini merupakan upaya kami untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu di Dusun Jelok. Selain itu, lilin aromaterapi memiliki nilai jual yang lumayan bagus,” ujar Andita, salah satu anggota Unit II.A.3.

Lebih lanjut, bahan yang diperlukan dalam pembuatannya cukup mudah, yakni dengan menggunakan bahan kimia, pewarna, sumbu, gelas, dan wewangian yang aman digunakan pada tubuh. Lalu, lilin yang sudah tercetak dalam gelas bisa ditempatkan pada ruangan tertutup agar aromanya dapat tercium.

Selama acara berlangsung, antusiasme ibu-ibu sangat tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Salah satu di antaranya mengenai harga jualnya di pasaran.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan ibu-ibu PKK di Dusun Jelok dapat memproduksi sendiri dan menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha. Terlebih saat ini lilin aromaterapi banyak diminati oleh banyak orang. (umh)

uad.ac.id