Sabtu, 01 April 2023
Sekolah Menengah Atas

UP GRADING PENGURUS IPM RANTING SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

UP GRADING PENGURUS IPM RANTING SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

“ Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebaikan, menyeru berbuat ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang – orang yang beruntung “. Dari firman Allah SWT dalam QS Ali Imron ayat 104 tersebut, menjadi dasar untuk berpijak dalam setiap program kerja yang disusun oleh IPM ranting SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Ikatan Pelajar Muhammadiyah sebagai gerakan Islam dan dakwah di kalangan pelajar, dari mulai lahir hingga sekarang senantiasa mengalami perkembangan dan perubahan baik dari arah orientasi maupun format dan struktur gerakan. Hal ini merupakan konsekuensi nyata, karena untuk tetap eksis Ikatan Pelajar Muhammadiyah harus selalu mengkondisikan diri dengan arah perubahan dan perkembangan masyarakat.
Demi meningkatkan kualitas Ikatan Pelajar Muhammadiyah ( IPM ) Ranting SMA Muhammadiyah 1 Surakarta maka perlu diadakan kegiatan Up – Grading untuk dapat meningkatkan kreativitas, kekompakan, dan keakraban antarsesama pengurus IPM ranting SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada jum’at-sabtu, 10-11 Maret 2023 bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka unruk meningkatkan kekompakan dan keakraban antar sesama pengurus IPM. Dalam sambutannya, ketua IPM SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Rabbani Halomoan menyampaikan bahwa selain untuk meningkatkan kekompakan, dengan kegiatan ini juga diharapkan untuk bisa membekali seluruh pengurus IPM tentang teori kepemimpinan dan melatih mental seluruh pengurus agar lebih optimal dalam mengemban amanahnya di struktur organisasi.

Kegiatan up grading ini dilaksanakan selama dua hari dan menginap di sekolah dengan materi tentang ilmu kepemimpinan dan ilmu berorganisasi yg disampaikan oleh demisioner ranting IPM SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang sudah lulus.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus IPM ranting SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 31 pengurus. Semuanya antusias mengikuti kegiatan. Setelah di hari pertama mereka belajar tentang kepemimpinan dan organisasi, di hari kedua mereka mendapatkan materi tentang baris berbaris dan hisbul wathan. Di akhir sesi mereka melaksanakan forum group discussion (FGD) untuk sekaligus sarasehan antar pengurus.

Dengan kegiatan ini diharapkan agar ke depannya seluruh pengurus bisa saling bekerjasama dengan baik, semakin kompak, dan saling menghargai satu sama lain demi kemajuan IPM Ranting SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.