Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Guru MAN 2 Sleman Ikuti Bimtek Kehumasan Kemenag Kabupaten Sleman

Guru MAN 2 Sleman Ikuti Bimtek Kehumasan Kemenag Kabupaten Sleman

Sleman (MAN 2 Sleman)- “Pelatihan Menulis Berita dan Opini”, tema yang diangkat dalam bimtek kehumasan yang diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Sleman pada hari Senin (22/05/2023) di Twins Bakery dan Catering, Sleman Yogyakarta. 

Dian Alqoma,S.Pd.I, Guru Akidah Akhlak juga staf humas MAN 2 Sleman mendapat surat tugas dari madrasah untuk mengikuti kegiatan bimtek kehumasan. Kepala MAN 2 Sleman H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa madrasah akan mendukung penuh publikasi madrasah. “Dengan kegiatan bimtek kehumasan ini salah satu wadah bagi guru untuk meningkatkan kompetensi tentang kepenulisan, baik pemberitaan maupun opini dimedia sosial juga media cetak.” 

Di buka langsung oleh Kakan Kemenag Kabupaten Sleman H. Sidik Pramono, S.Ag., M.Si. Dalam sambutannya, Sidik mengatakan bahwa pemberitaan merupakan langkah penting untuk mengangkat citra lembaga. “Di momen Hari Kebangkitan Nasional ini mudah-mudahan mampu memberikan spirit serta menginisiasi seluruh lembaga di lingkungan kantor dilingkungan kementerian Agama, bangkit dari sisi kehumasan serta keprotokoleran, karena dua hal ini selalu berdampingan,” tuturnya.

Lebih lanjut Sidik menjelaskan, “Sebaik apapun kerja kita, sebaik apapun kantor kita telah melakukan hal baik, tetapi kalau tidak di beritakan kepada masyarakat maka sama saja, bahkan masyarakat akan menilai kantor kita biasa saja bahkan tidak baik, maka memberitakan kinerja dari lembaga sangat penting untuk membangun animo masyarakat, sehingga lembaga akan dikenal lebih baik bahkan memuaskan.” 

Kegiatan bimtek diikuti sebanyak 50 peserta, yaitu 17 KUA Kapanewon, 16 Madrasah Negeri dan 13 Madrasah Swasta, serta 4 orang di bawah atap Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Hal ini disampaikan Kasubag Tata Usaha Tulus Djumadi, saat memberikan sambutan penyelenggara. “Kegiatan ini kita laksanakan karena mengingat pentingnya meningkatkan kompetensi dalam hal pembuatan berita, sehingga kami undang sekitar 50 peserta di lingkungan kementerian Agama Kabupaten Sleman untuk mengikuti kegiatan bimtek ini.” 

Hadir sebagai narasumber, Wakil Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat, Hj. Ahmad Lutfi, S.S., M.A. Mengawali pemaparannya, Ahmad menyampaikan apa perbedaan dari berita dan opini. “Opini merupakan pendapat, ide, gagasan dari penulisnya sedangkan berita merupakan informasi tentang kegiatan atau kejadian atau hasil wawancara, bisa berupa kegiatan atau kejadian serta mengandung unsur 5W plus 1H, nah ini menjadi penting untuk kita ketahui agar mudah dalam menulis,” tuturnya. 

Bimtek berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Dian Alqoma, S.Pd.I, guru MAN 2 Sleman mengikuti kegiatan bimtek dengan baik. "Banyak ilmu yang saya dapatkan, walaupun sebelumnya sudah banyak menulis pemberitaan, namun kegiatan seperti ini sangat membantu memperkaya pengetahuan tentang pemberitaan juga menambah semangat untuk terus menulis dan membuat pemberitaan,” tuturnya. (Qoma).