Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Perkuat Kerja Sama, PBSI UAD Gelar Kuliah Umum dengan UNIBBA

Perkuat Kerja Sama, PBSI UAD Gelar Kuliah Umum dengan UNIBBA

Penandatanganan MoU Kerja Sama antara Prodi PBSI Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan PBSI UNIBBA (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Prodi PBSI FKIP Universitas Bale Bandung (UNIBBA) menggelar kuliah umum yang bertajuk “Inovasi Teknologi dan Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Edukasi 4.0”. Kegiatan terselenggara secara luring pada Selasa, 30 Mei 2023 bertempat di Gedung Amphitarium Kampus Utama UAD lantai 10. Acara diikuti seluruh mahasiswa PBSI FKIP UAD dan UNIBBA dari semester 2 sampai 6.

Dr. Suyatno, M.Pd.I. selaku Wakil Dekan FKIP berkesempatan memberikan sambutan yang pertama. Ia berharap kerja sama ini dapat terus berlanjut. Selain itu, ada kegiatan seperti kolaborasi penelitian, publikasi, pertukaran mahasiswa, dan sebagainya, yang akan berdampak baik bagi kedua universitas dapat dijalankan.

Sementara itu, sambutan yang kedua diwakili oleh Dr. Mumun Mulyana, M.Pd. selaku Dekan FKIP UNIBBA. Ia mengaku sangat senang dapat berkunjung ke UAD. Menurutnya, UAD merupakan kampus swasta yang sudah sangat baik dari segi akreditasi maupun fasilitas kampusnya.

UNIBBA menghadirkan Dr. Indra Nugrahayu T., M.Pd. sebagai pemateri pertama pada kuliah umum. Indra mengulas “Media Pembelajaran Multimodalitas Berbasis Web”. Berdasarkan materi yang disampaikan Indra, bahwasannya seorang pendidik harus dituntut dapat menghadirkan media pembelajaran yang meliputi aspek linguistik, audio, spasial, visual, dan gestur dalam pembelajaran. Hal ini dinamakan media pembelajaran berbasis multimodalitas.

Prof. Dr. Pujiati Suyata, M.Pd. didapuk sebagai pemateri kedua dari perwakilan Prodi PBSI FKIP UAD. Berbeda dengan Indra, Puji menyampaikan materi “Implementasi Penelitian PBSI di Era Edukasi 4.0”.

Selain acara inti yaitu kuliah umum, rangkaian acara selanjutnya ialah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antarkedua universitas. Sebagai bukti sahnya kerja sama yang akan dijalankan dalam hal memajukan prodi kedua belah pihak.

Acara terakhir yakni sarasehan mahasiswa. Masing-masing mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa (ormawa) diwakilkan oleh ketua ormawa masing-masing menyampaikan program kerja dan berbagi pengalaman saat memimpin dan menjabat di ormawa. (ctr)

uad.ac.id