Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTsN Surskarta 1 Pencetak Generadi Qurani dan Berprestasi

Surakarta- MTsN Surakarta 1 menggelar Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz pada Kamis (15/2023) di Gedung Graha Sabha Bhuwana. Kegiatan ini diikuti 307 siswa kelas 9 yang didampingi orang tua, serta guru, dan tendik. Selain itu, beberapa tamu undangan, seperti Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah negeri maupun swasta se-Kota Surakarta turut menghadiri kegiatan tersebut. Acara dimulai pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 12.00.
Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar secara rutin dan merupakan rangkaian kegiatan kelulusan siswa kelas 9. Sejumlah 307 siswa dari Program Khusus, Fullday, Tahfidz, dan Reguler dinyatakan lulus. Selain penyampaian kelulusan, nilai akademik, serta prestasi, dalam kegiatan ini juga disampaikan pencapaian hafalan Alquran siswa selama belajar di madrasah. “Tahun ini tahun yang luar biasa. Karena tahun ini lulusan MTsN Surakarta 1 juga luar biasa. Tidak hanya capaian akademik yang tinggi serta menangguk prestasi di berbagai cabang lomba, capaian hafalan Qurannya pun banyak yang melebihi target. Ada anak yang hafal 8, 9, 11 bahkan ada yang hafal hingga 14 juz. Sungguh prestasi yang membanggakan,” papar Budi Santoso, Waka Humas sekaligus koordinator kelas Tahfidzul Quran (TQ).
“Ada beberapa penghargaan yang diberikan pada siswa berprestasi dalam kegiatan ini. Penghargaan pertama diberikan pada siswa peraih peringkat 1-3 per kelas berdasarkan nilai rapor dan nilai Asesmen Madrasah. Penghargaan kedua diberikan kepada siswa yang menduduki peringkat paralel 1-5 berdasarkan nilai rapor dan Asesmen Madrasah. Penghargaan ketiga diberikan kepada siswa dengan capaian hafalan Alquran terbanyak, dan penghargaan keempat diberikan kepada siswa berprestasi bidang akademik dan nonakademik dengan raihan piala dan medali terbanyak,” jelas Muhammad Rais Hidayat, Waka Kurikulum.
Ucapan selamat atas kelulusan siswa-siswi kelas 9 juga harapan dan doa disampaikan oleh Kepala MTsN Surakarta 1, Nurul Qomariyah, langsung dari Makkah Al Mukarromah karena beliau sedang menunaikan ibadah haji. Tidak ketinggalan, ucapan selamat kelulusan juga disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, Musta’in Ahmad secara daring karena kesibukan beliau. Bapak Musta’in berpesan supaya siswa-siswi MTsN Surakarta 1 terus belajar dan jangan lemah semangat. Semoga yang dipelajari di madrasah menjadi berkah untuk jenjang berikutnya. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta dalam sambutannya pun menyampaikan selamat kepada seluruh siswa kelas 9. “Selamat atas kelulusan siswa MTsN Surakarta 1. Kalian adalah generasi emas yang ditunggu. Teruslah belajar dan berkarya. Semoga MTsN Surakarta 1 terus berkibar dan berjaya,” harap Hidayat Masykur, S.Ag., M.Si.
Rangkaian acara Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz 2023 ini berjalan dengan khidmat sekaligus meriah. Acara diawali dengan kirab siswa-siswi kelas 9 diiringi gending jawa, Ladrang Gati Padasih. Kirab didahului oleh rombongan pembawa pataka dari peserta ekskul Paskidraska dan dipimpin oleh 2 orang penari cucuk lampah dari siswa kelas 7 dan kelas 8 yang tergabung dalam ekskul tari. Setelah seluruh peserta akhirussanah memasuki ruang acara, bapak ibu guru dan tendik menyusul dengan diiringi lagu Hyme Guru yang dibawakan oleh peserta ekskul paduan suara. Penampilan ekskul hadrah dan musik juga ikut memeriahkan acara. Seluruh kegiatan akhirusaanah tahun ini diliput dan disiarkan secara langsung oleh peserta ekskul jurnalis, fotografer, dan videografer Majalah Mutiara. Tidak ketinggalan anggota OSIS dan anggota ekskul PMR juga bersiaga membantu kelancaran acara. “Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, pembina ekskul, dan anak-anak yang telah membantu terlaksananya acara ini. Semoga lelah ini menjadi lillah untuk semua,” tutur Edi Hartanto, Waka Kesiswaan.
“Banyak doa dan harapan untuk lulusan MTsN Surakarta 1. Terima kasih telah menjadi bagian kisah indah di madrasah ini. Semoga kalian semua sukses dunia akhirat, aamiin ya Robbal ‘alamin,” harap Rasdiyana, Wali kelas 9PK1. (Diana/Kristanti)