Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unila dan UiTM Malaysia Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Penelitian

Unila dan UiTM Malaysia Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Penelitian

(Unila): Dalam upaya meningkatkan kontribusi Unila bagi pembangunan daerah dan nasional, Universitas Lampung (Unila) menjalin kerja sama dengan Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) for Cooperation oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., dan Rektor UiTM Malaysia Prof. Datuk Dr. Hajah Roziah Mohd Janor, pada Selasa, 4 Juli 2023, di Hotel Bukti Randu, Bandarlampung.

Penandatanganan LoI disaksikan para wakil rektor Unila dan delegasi asesor dari Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN) Jerman.

Kegiatan juga dilakukan sebagai salah satu upaya Unila memperluas dan mempererat kerja sama dengan berbagai mitra, termasuk berpartisipasi dalam jaringan kerja sama pendidikan tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kerja sama ini meliputi berbagai bidang, seperti pendidikan, penelitian, dan kolaborasi multidisiplin ilmu. Beberapa program yang direncanakan yakni pertukaran pelajar melalui KNB (Kemitraan Negara Berkembang Scholarship) dan ICT (International Credit Transfer), mobilitas dosen melalui penelitian bersama, International Collaborative Classroom, dan lain-lain.

Selain itu, LoI ini juga mencakup penyelenggaraan simposium akademik secara profesional, konferensi internasional, kursus singkat dan pelatihan, pertukaran pelajar, dosen, dan staf, penerimaan mahasiswa bersama untuk studi atau penelitian bersama, serta penelitian dan publikasi bersama di bidang terkait.*

[Reporter: Riky Fernando / Editor: Siti Nuryani]