Sabtu, 04 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

KEGIATAN Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMPN 1 Luhak Nan Duo Tahun Ajaran 2023/2024

Memasuki Tahun Ajaran baru 2023 – 2024, maka dilaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru  ( PPDB ). Hasil dari kegiatan PPDB tersebut diperoleh sebanyak  …… orang peserta yang  akan menjadi peserta didik  baru SMP N 1 Luhak Nan Duo Tahun Ajaran  2023 – 2024. Untuk menyambut peserta didik baru maka akan dilaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

MPLS ini langsung dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah (Bapak Arif, S.Pd) dan Bapak Komite SMPN 1 Luhak Nan Duo Bapak Yunis Andi, S.H

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan  Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang bertujuan  untuk memperkenalkan peserta didik baru  terhadap lingkungan sekolah yang baru yaitu SMP N 1 Luhak Nan Duo. Hal ini sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat tentang penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan  Sekolah (MPLS) , yang bertujuan untuk memperkenalkan  lingkungan sekolah baru kepada peserta didik agar dapat berkembang dan beradaptasi dengan sekolah barunya.

Disamping itu kegiatan MPLS dapat memberikan gambaran kepada siswa mengenai peraturan dan tata tertib sekolah, sehingga siswa dapat mengetahuai aturan-aturan dan kebiasaan yang ada disekolah. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi pihak sekolah, dan peserta didik pada umumnya.

Kegiatan MPLS ini memiliki beberapa materi yaitu :

1. Wawasan adiwiyata mandala

2. Pendidikan karakter

3. Kesadaran berbangsa dan bernegara

4. Pengenalan Budaya lokal

5. Tata tertib sekolah

6. Cara belajar efektif

7. Bijak bersosial media

8. Kepramukaan/PBB

9. Tata tertib sekolah

10. Game dan ice breaking