Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

PELANTIKAN DOKTER REMAJA SMP NEGERI 1 LUHAK NAN DUO

Pelaksaan pelantikan dokter remaja/Kader Kesehatan Remaja SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo dilaksanakan pada Senin, 29 januari 2024 di lapangan bola SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo. Acara ini di buka dan di pimpin langsung oleh kepala sekolah SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yakni ibuk Fenti Ariani S. Pd. Dalam Pelantikan ini ada 14 peserta didik SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yang dilantik menjadi dokter remaja. dokter remaja yang dilantik merupakan anak-anak yang di bawah naungan UKS SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yang di bimbing oleh ibuk Yutni Marlina, S. PdI.

    

Unit Kesehatan Sekolah (UKS) adalah bagian dari program kesehatan anak usia sekolah (6-21) tahun sesuai dengan proses tumbuh kembangnya. Menurut menteri kesehatan Nomor 828/MENKES/SK/IX/2008, UKS adalah usaha terpadu lintas program dan lintas sekto dalam rangka meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk prilaku hidup sehat anak yang berada di usia sekolah. UKS bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar dengan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat. UKS berperan memberikan pengetahuan yang berkaitan dengan masalah-masalah kesehatan kepada para siswasehingga kedepannya ereka terus bisa mempraktikkan gaya hidup sehat dimanapun mereka berada

Adapun Struktur Organisasi UKS SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo alah :

Ketua umum UKS SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo yakni Ibuk Fenti Ariani, S. Pd selaku kepala sekolah

Wakil Kesiswaan SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo Ibuk Yelvi Rahma Nora, S. Pd

Ketua pelaksana UKS Yutni Marlina, S. PdI

Kegiatan UKS SMP Negeri 1 Luhak Nan Duo dilaksanakan setiap hari Jum’at yang dilakukan sekali seminggu.

Dalam pelaksaan pelantikan Dokter remaja kegiatan yang dilakukan di antaranya pemasangan pin dan selempang serta penyerahan sertifikat dokter remaja dari sekolah. peserta didik yang dilantik adalah siswa kelas VIII dan kelas IX yang telah mendapat bekal pengetahuan tentang kesehatan di sekolah.