Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MPLS SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta Hari Pertama

 

SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA – Tahun ajaran baru 2023/2024 secara serentak dimulai pada hari Senin (17/07). Semangat siswa-siswi untuk bersekolah kembali bersemi, terlebih bagi mereka para peserta didik baru.

Tidak terkecuali di SMA Muahammadiyah 1 Surakarta. Sejak pukul 06.30, nampak siswa-siswi mulai berbondong-bondong memasuki gerbang sekolah. Bapak ibu guru pun juga berbaris rapi memberikan sambutan hangat bagi siswa-siswinya.

Kepala Sekolah SMA Muahammadiyah 1 Surakarta, Dr. Rahayunongsih, S.Pd, M.Pd. mengatakan pihaknya menyambut siswa-siswi dengan meriah pada hari pertama masuk sekolah. Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta konsisten dalam menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan.

“Jadi MPLS ini kami kemas menjadi kegaiatn yang menyenangkan siswa. Anak diterima sebagai keluarga SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta, jadi perlakuannya sangat luar biasa,” ujarnya.

Saat menyambutan siswa-siswi, semua  guru dan karyawan turut dilibatkan. Tempat MPLS disiapkan dengan indah dan dibuat senyaman mungkin, hingga spot foto untuk siswa maupun orang tua. Hal ini menjadi pertanda bahwa sekolah SMA Muhammadiyah 1 Surakarta penuh cibta dan kasih saying, Kata Rahayuningsih

Ditanya soal SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Rahayuningsih menjelaskan sekolah  menerapkan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa, semua guru bersama siswa harus melakukan kegiatan belajar mengajar dengan penuh kesenangan dan inovasi. Sehingga diharapkan siswa bisa belajar dengan rasa nyaman dan bahagia.

“Kita bikin siswa-siswi ini betah belajar dikelas. Maka pembelajaran yang dilakukan harus menyenangkan, seperti dengan keluarga sendiri,” imbuhnya.

Pada awal pembelajaran, setiap kelas juga diberikan hak untuk membuat aturannya sendiri. Maka perlu adanya kesepakatan antara wali kelas dan murid, perihal aturan yang akan diterapkan.

“Misal ada yang terlambat hukumannya nyapu. Kemudian kalau ada yang atribut seragamnya nggak lengkap disepakati apa konsekuansinya. Yang penting semua sudah disepakati diawal,” pungkas Rahayuningsih.

Salah seorang peserta didik baru, mengaku senang dengan sambutan yang diberikan oleh para guru. Ia berharap kesan manis yang ia terima diawal bisa terus dirasakan hingga lulus nanti.

“Ya rasanya bahagia dapat sambutan yang luar biasa dari bapak ibu guru dan kakak kelas juga. Kebetulan waktu awal masuk SMP dulu nggak ada sambutan semacam ini karena pas musim corona,” ujar siswi

Pada tahun ajaran baru kali ini, SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta membuka 5 kelas rombongan belajar (Rombel). Masing-masing kelas diisi rata-rata 33 anak, sehingga total ada 163 siswa baru yang diterima. Sementara dari 5 kelas tersebut, 2 diantaranya merupakan Kelas Program khusus unggulan.