Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE- 78 DI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU BERLANGSUNG  KHIDMAT.

UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE- 78 DI UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU BERLANGSUNG  KHIDMAT.

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  kembali menggelar upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 78 yang mengusung tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh pimpinan, sivitas akademika, dan karyawan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Kamis (17/08), di lapangan Rektorat  dan diikuti pula oleh para mahasiswa dan tamu undangan.

Upacara yang dimulai sejak pukul. 07.30 Wib tersebut, diawali dengan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, yang merupakan mahasiswa dari berbagai Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Bertindak sebagai inspektur upacara Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Prof H. Khairunnas Rajab, sedangkan bertindak selaku komandan upacara berasal dari Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. pembaca naskah Teks Proklamasi oleh Inspektur upacara, pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Mat Rahim Staff Bagian Kepegawaian. Dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh DR Nandang dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dalam sambutannya, rektor mengucapkan terimakasih kepada seluruh sivitas akademika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  yang telah hadir mengikuti upacara tersebut. Rektor berharap dengan momen bersejarah ini, akan mampu meningkatkan nasionalisme dan patriotisme yang kemudian menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang sampai darah penghabisan demi Indonesia untuk menjadi Negara yang Merdeka. Kemudian Rektor kembali mengingatkan kepada semua peserta upacara untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kedisiplinan dan karya-karya yang nyata membangun peradaban untuk Terus Melaju untuk Indonesia Maju sehingga kedepannya bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman dan teknologi dan era digital seperti sekarang ini.

“Hari ini adalah momentum penting untuk menegaskan kembali komitmen kita dalam meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan SDM yang unggul agar bisa bermanfaat pada diri sendiri pada keluarga pada masyarakat, Negara, bangsa dan khususnya kepada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Yang kita cintai ini,” tandasnya.

Sebagai informasi, diakhir upacara rektor menyerahkan  penghargaan pengabdian kepada para pegawai ASN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang berupa Satya Lencana Karya Bhakti sebanyak 14 orang, yang terdiri dari pengabdian 30 Tahun. Pengabdian 20 Tahun dan pengabdian 10 Tahun,  Dilanjutkan dengan ramah-tamah dengan seluruh sivitas akademika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau . *(humas)

Editor : Amiruddin.