Jumat, 10 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Lolos Seleksi Tahap 1 Anugerah GTK Madrasah Berprestasi 2021

Kepala MTs. Miftahul Ulum 2 Lolos Seleksi Tahap 1 Anugerah GTK Madrasah Berprestasi 2021

Peranan guru sangat penting dalam proses belajar-mengajar, yaitu sebagai transfer knowledge. Efektifitas seluruh usaha pembelajaran untuk membentuk manusia berwawasan global, terampil, berbudi luhur, dan memiliki karakter Pancasila ada pada tanggung-jawabnya. Terlebih dengan perubahan zaman yang lebih banyak mengandalkan keterampilan dan pengetahuan teknologi, peranan guru dalam sisi psikologis dan pedagogis tidak akan terganti.

Program peningkatan kualitas dan mutu pendidikan madrasah melalui peningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan madrasah terus diupayakan oleh Kementerian Agama RI, hal ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Agama Nomor 42 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Agama Pasal 185 dinyatakan bahwa “Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, standardisasi, bimbingan teknis, fasilitasi penjaminan mutu, evaluasi, dan pengawasan pengembangan kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi guru dan tenaga kependidikan Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.

Baca Juga :

LAKSANAKAN TUGAS LPTQ, KEPALA MADRASAH DAMPINGI PESERTA MFQ PADA MTQ JATIM 2021 DI PAMEKASAN

Dengan berbagai upaya dan sinergitas antar unsur kependidikan (pengawas, kepala madrasah, guru, laboran, dan pustakawan) yang sudah dilakukan dan juga sebagai bentuk evaluasi serta sebagai wujud komitmen Kementerian Agama RI dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan madrasah, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyelenggarakan kegiatan Anugerah Guru dan Kepala Madrasah Inspiratif dengan memberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan bagi guru dan kepala madrasah berprestasi/inspiratif.

Menurut surat bernomor B-3980.1/Dt.I.II/KP.08.8/11/2021 tentang pengumuman hasil seleksi tahap 1 yang ditandatangani oleh Muhammad Zain selaku Direktur GTK Madrasah menyatakan bahwa nama-nama yang terlampir pada bagian surat ini, berhak untuk mengikuti tahap penilaian selanjutnya.

Syukur Alhamdulillah, Kepala Madrasah MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid Sahroni, S.Pd.I, M.Pd dinyatakan lolos tahap 1 dan berkesempatan bersaing dengan 38 kepala madrasah tsanawiyah lainnya dari seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta untuk menyampaikan gagasan-gagasan dalam bidang pengembangan potensi peserta didik/masyarakat, pengembangan satuan pendidikan, dan pengembangan profesionalisme yang relevan dengan tugas sebagai kepala madrasah.

Keikutsertaan pria yang pernah menjadi kepala Perpustakaan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Lumajang ini berawal dari pesan singkat via WhatsApp dari pengawas madrasah Kemenag Kabupaten Lumajang Bapak Drs. Achmad Junaedi, M.M yang menyarankan untuk turut berpartisipasi dalam ajang Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi Tahun 2021. “Pak Jun awalnya yang merekomendasikan agar saya ikut berpartisipasi, saya secara pribadi belum pantas untuk turut serta dalam ajang seperti itu karena fokus saya saat ini lebih kepada hasil dari PKKM kemarin. Juga atas desakan rekan-rekan guru, tidak ada salahnya untuk berpartisipasi dan yang utama kegiatan semacam ini dapat menjadi motivasi kita bersama agar tetap konsisten meningkatkan kecakapan hidup di zaman yang serba kompleks dan dinamis.” ungkapnya saat dihubungi via WhatsApp disela-sela kesibukannya menjadi Pembina Kafilah Lumajang di ajang MTQ Jawa Timur 2021.

Diketahui melalui laman website GTK Madrasah Kemenag RI, kegiatan Anugerah Guru dan Kepala Madrasah Inspiratif ini bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan madrasah; Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada guru dan kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya; Meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan pada madrasah; Meningkatkan daya saing madrasah di tingkat regional, nasional dan internasional.

Dengan kabar baik ini, kami civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid mengharapkan dukungan dan keikhlasan doa agar kepala madrasah kami ini diberikan kelancaran sampai pada tahap akhir penilaian, sehingga dapat memberikan kebanggaan terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Lumajang pada umumnya dan memberikan citra baik untuk pendidikan madrasah di Kabupaten Lumajang.