Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah

Kurikulum madrasah mengemban dua amanat besar, yaitu; 1) membekali peserta didik kompetensi, sikap dan keterampilan hidup agar bisa menghadapi tantangan di zamannya, dan 2) mewariskan karakter budaya dan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa agar peran generasi kelak tidak terlepas dari akar budaya, nilai agama dan nilai luhur bangsa. Untuk menjalankan dua amanat besar tersebut, maka kurikulum harus selalu dinamis berkembang untuk menjawab tuntutan zaman.

Perubahan akan terus terjadi. Hal yang abadi di dunia ini adalah perubahan itu sendiri. Perubahan ini setidaknya terjadi pada tuntutan dunia global. Dunia
modern dan ekonomi global tidak lagi memberikan penghargaan besar terhadap seseorang karena apa yang diketahui, karena teknologi telah menyediakan
pengetahuan yang dibutuhkan. Namun dunia modern lebih menghargai seseorang karena apa yang bisa dilakukan dengan pengetahuan itu.

Kurikulum Merdeka memberikan titik tekan fokus kepada peserta didik.Peserta didik menjadi sentral utama penerima manfaat kebijakan kurikulum ini.
Pembelajaran berdiferensiasi diimplementasikan untuk mengakomodir keberagaman. Model penilaian autentik-komprehensif yang mengakomodir beragam kecerdasan, menghargai bakat, minat dan sisi kemanusiaan lain terus dikembangkan. Hasil evaluasi dan penilaian tidak lagi terfokus kepada capaian kognitif, tapi harus bisa menggambarkan profil kemanusiaan yang mencakup beragam kecerdasan. Dengan perspektif ini, maka peserta didik yang berprestasi bukan lagi tunggal. Semua peserta didik madrasah adalah berprestasi, yakni
prestasi dalam bidangnya masing-masing, sesuai bakat, minat dan kecenderungannya.

Dalam rangka memandu Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada madrasah, maka Direkorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan buku panduan sebagai berikut:

  1. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Madrasah;
  2. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah (KOM);
  3. Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA);
  4. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil
    Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5 dan PPRA);
  5. Panduan Pengembangan dan Contoh Modul Ajar Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab.

Panduan dapat diunduh pada laman: sikurma.kemenag.go.id

Silahkan Download di bawah ini