Sabtu, 01 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

GERAKAN MINUM TABLET TAMBAH DARAH SERENTAK PMR WIRA SMAN 1 DOLOPO

(Senin, 04 September 2023)
Dalam upaya peningkatan cakupan tablet tambah darah pada remaja putri di SMAN 1 Dolopo, UKS bekerjasama dengan Puskesmas Bangunsari melakukan pemberian Tablet Tambah Darah pada semua siswi SMAN 1 Dolopo kelas X, XI dan XII sejumlah 439 siswi yang didistribusikan oleh PMR Wira SMAN 1 Dolopo. (Senin, 04 September 2023). Kegiatan pendistribusian dan konsumsi TTD dikoordinatori oleh PMR Wira bidang pelayanan UKS, Elmi Nurhayati, S.Pd dan Anindya Desinta Permatasari, S.Pd.

Pendistribusian Tablet Tambah Darah (TTD)

Obat penambah darah (TTD) sebaiknya diminum secara rutin seminggu sekali, yaitu setiap hari Senin. Pemberian obat TTD ini, dimaksudkan untuk membantu kebugaran bagi remaja putri.

“Pencanangan minum obat TTD telah dilaksanakan secara rutin di sekolah”, ujar Pembina UKS. “Apabila obat TTD diberikan ke siswa secara langsung, kita tidak mengetahui apakah dapat dipastikan diminum”, imbuhnya. Sehingga sekolah membuat kesepakat untuk diminum secara bersama-sama di sekolah setiap hari Senin.

Pembagian Tablet Tambah Darah (TTD)

Tablet penambah darah dibutuhkan untuk mengatasi anemia pada remaja putri agar berprestasi di sekolah. Remaja putri memang mudah terkena anemia yang ditandai dengan tubuh mudah lemas ataupun mudah pingsan, karena mengalami menstruasi. Kondisi itu membuat sel darah berkurang yang ditambah dengan gizi yang tidak seimbang.

Siswi sedang Minum Tablet Tambah Darah (TTD)

Obat penambah darah sebagai langkah awal untuk mencegah timbulnya penyakit anemia bagi wanita usia subur. Bila kekurangan zat besi yang bisa mengakibatkan mudah lelah, lemas, dan loyo yang mengakibatkan siswa mudah mengantuk dan menurunnya produktivitas belajar siswa.
(red)