Kamis, 02 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Apresiasi Seni Budaya Nusantara, “Dari Viazens Untuk Indonesia Maju”.

Apresiasi Seni Budaya Nusantara, “Dari Viazens Untuk Indonesia Maju”.

Gelar karya kelas X SMA Vianney dilaksanakan Jumat, 15 September 2023 di Aula sekolah Vianney yang merupakan rangkaian proyek penguatan profil pelajar pancasila.  Projek penguaatan profil pelajar pancasila, salah satu pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk menanamkan rasa cinta terhadap aneka budaya nusantara. Kegiatan projek ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak normal, struktur belajar yang fleksibel terlibat langsung dengan berbagai kegiatan untuk menguatkan berbagai kompetensi profil pelajar pancasila.

Kegiatan proyek kelas X SMA Vianney Jakarta ini dilaksanakan dengan  tema Apresiasi Seni Budaya Nusantara, “Dari Viazens untuk Indonesia Maju”. Adapun esensi dari kegiatan ini adalah menggali ragam kebudayaan Nusantara melalui tarian dan nyanyian sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya Indonesia. Gelar karya menggambarkan  kreativitas siswa yang merupakan hasil belajar selama kegiatan projek selama empat hari mulai tanggal 11-14 September 2023.

Tari Saman

Tari saman merupakan tarian yang muncul dari kepercayaan dan tradisi agama Islam di Aceh. Tarian ini diciptakan para ulama untuk menyebarkan agama Islam dan nilai moral kepada masyarakat Aceh. Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan atau dakwah.

Tari Ondel – Ondel

Tari Ondel-ondel merupakan tarian adat berasal dari Betawi. Tarian ini biasa di gunakan untuk penghiburan di suatu acara.

Tari Janger

Tari Janger yang berasal dari Buleleng merupakan tarian yang memiliki makna kebahagiaan serta keceriaan mengenai kehidupan dan pergaulan dari anak-anak remaja.

Tari Sajojo

Tarian Sajojo berasal dari suku asli Papua. Tarian ini digunakan untuk merayakan kemenangan dalam peperangan. Seiring waktu, tarian ini menjadi populer sebagai ekspresi kegembiraan di masyarakat Papua.