Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FH Unpad dan Kemenkomarves RI Jalin Kerja Sama Tridarma

FH Unpad dan Kemenkomarves RI Jalin Kerja Sama Tridarma

[Kanal Media Unpad] Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI. Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang digelar di Auditorium Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja FH Unpad, Bandung, Selasa (5/9/2023).

Penandatanganan PKS dilakukan Dekan FH Unpad Dr. Idris, S.H., M.A., dengan Kepala Biro Hukum Kemenkomarves RI Budi Purwanto. Kerja sama tersebut berkaitan dengan dukungan kemitraan penguatan layanan hukum meliputi joint lecture, program MBKM, publikasi bersama, pengembangan kapasitas, hingga kerja sama lainnya yang disepakati kedua belah pihak.

Dalam sambutannya Idris menyampaikan bahwa kerja sama ini penting dalam memperkuat Indikator Kinerja Utama, baik di FH maupun Unpad. “Diharapkan dengan banyaknya kerja sama yang dijalin oleh FH Unpad dengan Kemenkomarves dapat memperkuat institusi untuk mewujudkan kinerja optimal dan meningkatkan peringkat perguruan tinggi di tingkat Internasional,” kata Idris dikutip dari laman FH Unpad.

Budi Purwanto pun menyampaikan bahwa Kemenkomarvest RI sendiri membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan MBKM. 

Bagi mahasiswa yang melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di bagian Biro Hukum Kemenkomarves RI akan mendapat pengalaman, yaitu menyusun perencanaan kebutuhan peraturan perundang-undangan; melakukan analisis, harmonisasi, dan evaluasi peraturan perundang-undangan; melakukan penelaahan permasalahan hukum; melakukan advokasi hukum; melakukan pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum; melakukan analisis dan evaluasi kerja sama; dan menghadiri rapat koordinasi pembahasan rancangan peraturan.

Selain itu, mahasiswa akan diberikan bekal informasi bagaimana sistem kerja, bagaimana kode etik, dan bagaimana cara berkomunikasi dalam berorganisasi. (rilis)*