Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMANSA Sukses Selenggarakan FEDABARA 2023

SMANSA Sukses Selenggarakan FEDABARA 2023

GoraEdu – SMA Negeri 1 Bandung baru-baru ini telah melaksanakan kegiatan-kegiatan tahunan seperti FEDABARA 2023 (Festival Pemuda Bandung Raya) dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda.

Kegiatan berjalan lancar dan meriah, diikuti oleh berbagai sekolah se-Bandung Raya tingkap SMP dan SMA dengan 4 (empat) kategori lomba yang meliputi Lomba Debat, Tari Tradisional, Olah Vocal, dan Bola Basket.

Bekerjasama dengan mitra-mitra terkait, SMA Negeri 1 Bandung sukses selenggarakan kegiatan dengan meriah sekaligus memberikan apresiasi kepada seluruh partisipan kegiatan.

Kesuksesan Festival Pemuda Bandung Raya 2023 yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Oktober 2023 silam itu mendapat apresiasi dari Kepala SMA Negeri 1 Bandung.

Diungkapkan Tuti Kurniawati, M.Pd., selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Bandung, kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam program-program Osis itu terutama FEDABARA 2023 merupakan murni hasil kreativitas siswa.

“Mereka itu ingin memberikan ruang untuk berekspresi atas keterampilan dan kompetensi yang mereka miliki dalam bidang-bidang yang dilombakan dan memberi apresiasi kepada para peserta,” ungkap Tuti.

Selain itu, ditengah keterbatasan finansial sekolah, siswa SMANSA mampu bekerja secara profesional dan kompak sehingga keberjalanan acara terselenggara dengan baik dan rapih.

“Menurut saya di usia mereka seperti sekarang sangat hebat yah, saya sangat mengapresiasi kinerja para penyelenggara ditengah keterbatasan kami terutama masalah finansial,” ucap Tuti.

“kami hanya memberikan ruang dan sedikit nominal sesuai dengan petunjuk BOS, tapi ternyata mereka (Panitia/Siswa) betul-betul kreatifitasnya tergali, mereka mencari cara bagaimana agar supaya acara ini tetap bisa berjalan dengan baik,” tambah Tuti kepada GoraEdu.

Penanaman prinsip “Jangan Pelit Ilmu” dari Kepala sekolah menjadi pondasi bagi siswa-siswa SMA Negeri 1 terutama Osis dan membudaya sampai pada hari ini.

“harapan saya yang pertama kepada anak-anak itu jangan pelit ilmu, tularkan kepada adik-adiknya karena saya yakin mereka juga belajar dari kakak-kakaknya,” ungkap Tuti.

Tuti Kurniawati, M.Pd., berharap baik Osis, Panitia Fedabara, dan seluruh siswa umumnya bisa menjadi role model bagi adik kelasnya.

Sehingga budaya saling mendewasakan akan membuat potensi bakat dan kreatifitasnya muncul dalam pembentukan karakter anak.

Setelah FEDABARA 2023 akan ada BALINOSA (Bazzar Literasi November Satu) 2023 yang rencananya akan dilaksanakan pada Rabu, 8 November 2023 di SMA Negeri 1 Bandung.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian program kerja Osis SMANSA yang dilakukan secara berkala dari tahun ke tahun.***