Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Melalui PROSA, Maba Kompak Membangun Iklim Akademis

Melalui PROSA, Maba Kompak Membangun Iklim Akademis

(UINSGD.AC.ID) Penataan Regenerasi Orion Sastra Arab (PROSA) 2021 menjadi ajang beradaptasi bagi mahasiswa baru (Maba) di lingkungan Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), UIN SGD Bandung. Kegiatan ini diyakini bisa melatih kekompakan sesama mahasiswa dalam membangun iklim akademik di level jurusan, fakultas, dan universitas.

Harapan ini disampaikan oleh Ketua Jurusan BSA Dr Asep Sapianudin, M.Ag –mewakili Dekan FAH UIN SGD Bandung Dr H Setia Gumilar, M.Si— saat membuka acara PROSA 2021, yang digelar secara virtual zoom meeting, Jumat (19/11/2021). Hadir dalam kesempatan itu Ketua HMJ BSA Syifa Fauziah; Ketua Dema FAH Rahadian Fattah Hikami; dan Ketua Sema FAH Reyhan Shandika.

PROSA, yang diikuti oleh 228 mahasiswa baru selama tiga hari ini, dilengkapi dengan acara dan kegiatan, di ataranya: Studi Pemikiran Kritis Mahasiswa; Kesusastraan; Keorganisasian; Islam Indonesia; Lebih dekat dengan HMJ; ITHLA & Kebahasaan; dan Manajemen Aksi.

Atas nama pimpinan FAH, Dr Asep mengucapkan terima kasih kepada para panitia dan para pengurus HMJ BSA, atas terselenggaranya PROSA 2021 ini. Walaupun dilaksanakan secara daring, tetapi tidak mengurangi kehidmatan acara, dan dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. “Semoga acara ini berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Secara normatif, PROSA menjadi momentum untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa baru. Karenanya, penyelenggaraan PROSA harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kalian semua, kini sudah menjadi keluarga besar BSA dan FAH. Kenali keilmuan dan lingkungan belajar yang akan kalian tempuh. Kami berharap, mahasiswa baru bisa menunjukkan rasa ingin tahu dan rasa ingin belajar selama PROSA ini, serta berusaha menangkap ilmu-ilmu yang telah disampaikan oleh kakak-kakamu,” harap Dr Asep.

Mengakhiri sambutannya, Dr Asep meminta mahasiswa baru untuk mengetahui keadaan lingkungan kampus, sistem pengajaran, sistem nilai, dan sistem organisasi. “Manfaatkan kuliah ini sebaik-baiknya, agar kalian lulus tepat waktu, dengan mendulang prestasi yang luar biasa,” katanya.[nanang sungkawa]