Minggu, 19 Mei 2024
Pondok Pesantren

Uji Coba Sebelum Praktik Mengajar, 36 Siswa Akhir Laksanakan Micro Teaching

Uji Coba Sebelum Praktik Mengajar, 36 Siswa Akhir Laksanakan Micro Teaching

DARUSSALAM- Praktik mengajar merupakan salah satu rentetan kegiatan ujian yang wajib diikuti oleh siswa akhir KMI. Nantinya mereka akan memasuki kelas-kelas untuk menyampaikan materi dengan metode yang benar di hadapan para santri.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu diadakan review materi dan pelatihan singkat dari para guru pembimbing. Tak cuma itu, ada pula program Micro Teaching sebagai uji coba bagi para siswa akhir sebelum mereka benar-benar mengadakan praktik mengajar.

Terlihat ekspresi keseriusan santri dalam memperhatikan salah satu siswa akhir KMI dalam Micro Teaching.

Menurut Al-Ustadz Rifqi Fachriyan selaku salah satu panitia praktik mengajar, sebanyak 36 orang siswa akhir KMI dipilih untuk mengadakan program tersebut. Mereka terdiri dari 18 orang pengajar yang akan menyampaikan materi Muthola’ah, serta 18 sisanya akan menyampaikan materi Reading.

Adapun yang menjadi peserta didik pada kegiatan ini adalah siswa KMI dari kelas 2, 3, dan 1 Intensif. Siswa kelas 2 dan 1 Intensif akan mengikuti kegiatan Micro Teaching pada hari Senin (4/12) dengan materi Muthola’ah. Sedangkan Siswa kelas 3 akan menerima materi Reading satu hari setelahnya, atau lebih tepatnya hari Selasa (5/12).

Suasana salah satu kelas yang digunakan untuk Micro Teaching siswa akhir KMI.

Tak luput, para bapak guru pembimbing juga turut serta membersamai para siswa akhir selama berjalannya kegiatan tersebut. Sebanyak 157 orang bapak guru KMI disebar menuju ruang-ruang kelas guna mengawasi serta mencatat evaluasi yang terjadi selama Micro Teaching berlangsung.

Nantinya evaluasi tersebut akan menjadi pembelajaran tersendiri bagi para siswa akhir, baik yang menjadi pengajar maupun yang sekedar menjadi pengoreksi. Kesalahan yang sudah terjadi, akan diantisipasi sehingga kecil kemungkinan terulang kembali. Alhasil, para siswa akhir akan lebih matang dan lebih siap menghadapi ujian sebenarnya pada hari-H nanti.

(Berita: Mahadi, Foto: Nahid, Reviewer: Taufiq Affandi)

Praktik Mengajar Perdana : Ruh Guru Lebih Penting dari Guru Itu Sendiri!

Praktek Mengajar (‘Amaliyatu at-Tadris): Pahami Cara Mengajar Yang Baik

Pembuatan RPS: Permudah Kegiatan Belajar Mengajar