Kamis, 02 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Tracer Study Pada Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDIKA)

Tracer Study Pada Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDIKA)

Tracer study merupakan bagian penting dalam proses penjaminan mutu pendidikan vokasi sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 mengenai Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, serta menjadi perangkat utama untuk mengukur hasil kerja pendidikan vokasi, yaitu kebekerjaan lulusan pendidikan vokasi.

Tracer study juga mengungkap persepsi dunia kerja sebagai mitra pendidikan vokasi yang memberikan umpan balik untuk perbaikan pendidikan vokasi. Hasil tracer study sangat penting sebagai bahan penyusunan kebijakan dan perencanaan program untuk peningkatan kualitas pendidikan vokasi.

Untuk mengetahui keterserpan lulusan yang dihasilkan oleh satuan pendidikan di Dunia Usaha dan Dunia Kerja, dilakukan tracer study pada mitra kerja SMK Negeri 3 Tanjungpinang, yaitu PT Propeller Tun Tiang ( PT. Baling Baling Tun Tiang ) dan PT. Jati Bening yang bergerak di Bidang Kontruksi dan Properti.

Kegiatan Tracer yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dalam perekrutan tenaga kerja (Hiring) dan Kegiatan Peraktek Kerja Lapangan (PKL).