Selasa, 14 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Departemen Psikologi FISIP dan The University Of Adelaide Buka Peluang IUP

Departemen Psikologi FISIP dan The University Of Adelaide Buka Peluang IUP

Departemen Psikologi Universitas Brawijaya (UB) berkolaborasi dengan The University of Adelaide menginisiasi kerjasama pengembangan kurikulum untuk International Undergraduate Program (IUP) melalui program Dosen Berkarya 2023.

Menurut ketua program dosen berkarya Ziadatul Hikmiah., S.Pd., S.Psi., M.Sc, peluang adanya IUP di Departemen Psikologi sejalan dengan visi Universitas Brawijaya yaitu menjadi universitas terkemuka dalam hal globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, hal ini memberikan banyak peluang bagi mahasiswa untuk memperluas perspektif dengan mengikuti kegiatan internasional, seperti pertukaran pelajar, program kursus singkat, program sukarelawan dan magang.

Dalam kegiatan program Dosen Berkarya ini juga kesempatan bagi Departemen Psikologi UB memperpanjang kerjasama dengan The University of Adelaide sekaligus mendiskusikan kegiatan kolaborasi lainnya seperti pertukaran staf pengajar maupun rencana studi lanjut bagi Dosen Psikologi.

Selain membekali mahasiswa dengan ilmu di kelas, pengalaman internasional juga dibutuhkan dalam rangka memperluas cakrawala pengetahuan dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa.

“International Undergraduate Programme merupakan salah satu program unggulan yang diinisiasi Program Studi S1 Psikologi dengan School of Psychology, The University of Adelaide dalam rangka membentuk mahasiswa yang berwawasan global,” ucap Ziadatul Hikmiah.

Kunjungan tim Dosen Psikologi UB ke School of Psychology, The University of Adelaide yang dilakukan pada 20-24 November 2023 memuat beberapa kegiatan seperti pembaharuan Memorandum of Understanding (MoU), benchmarking struktur kurikulum dan alur perkuliahan, penjajakan sebagai mitra tujuan pertukaran pelajar, serta penyusunan kurikulum IUP bersama.

Lawatan tersebut kemudian melahirkan beberapa kesepakatan terkait international exposure yang dapat diakses oleh calon mahasiswa International Undergraduate Programme (IUP) Departemen Psikologi , yakni Collaborative Online International Learning (COIL), Global IQ Connect, dan Summer/Winter Course. Beberapa program ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar bersama. Selain itu,  Dosen dari School of Psychology, The University of Adelaide, dan dalam waktu tertentu juga berkesempatan untuk merasakan atmosfer belajar langsung di Adelaide.