Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

5 Ngabuburit Berfaedah Ala Mahasiswa. Kamu Masuk Tim Mana?

5 Ngabuburit Berfaedah Ala Mahasiswa. Kamu Masuk Tim Mana?

UINSGD.AC.ID (Kampus I)Assalamu’alaikum, hallo SGD Fighters bagaimana menjalani bulan ramadan kali ini?

Menjalani ibadah puasa rasanya memiliki banyak waktu senggang dari hari-hari biasanya, dengan begitu banyak orang memanfaatkannya untuk berlomba-lomba memperbanyak pahala dengan aktivitas ngabuburit.

Ngabuburit merupakan salah satu tradisi melakukan kegiatan pada waktu menjelang adzan maghrib. Ada yang mengisinya dengan berjalan-jalan mencari takjil untuk berbuka, bermain game, melaksanakan ibadah, bahkan ada yang hanya tidur saja.

Agar SGD Fighters ngabuburitnya berfaedah, yuk simak 5 kegiatan yang dapat dilakukan dalam mengisi waktu luang saat bulan ramadhan:

1. Menuntut Ilmu
Memasuki bulan ramadhan jangan sampai kamu menjadi malas saat kuliah, justru saat bulan puasa seperti ini kamu berlomba untuk dapat menambah pahala dengan menuntut ilmu. Dengan berkuliah, mengerjakan tugas dan melakukan diskusi bersama teman merupakan aktivitas yang bermanfaat yang dapat kamu lakukan.

Selain kuliah dan mengerjakan tugas, SGD Fighters juga bisa membaca buku. Banyak sekali buku yang dapat dibaca selain buku kuliah yaitu buku cerita, buku agama dan masih banyak pilihan buku lainnya yang dapat mengisi waktu puasa.

2. Tadarus
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan ketika bulan ramadhan adalah membaca Al-Quran. Sebab membaca Al-Quran merupakan salah satu aktivitas ngabuburit menjelang berbuka puasa yang sangat dianjurkan. Umat muslim berlomba-lomba untuk bisa hatam Al-Quran ketika bulan ramadan, dengan melakukan tadarus maka akan mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Al-Quran.

Selain itu kita juga dapat memahami lebih baik lagi tentang isi Al-Quran, sehingga dapat menjadi penenang bagi yang membaca dan yang mendengarkannya. Maka tidak heran jika banyak orang yang tadarus selama bulan ramadhan.

 

3. Berolahraga
Berubahnya pola makan dan tidur ketika bulan ramadan menjadikan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk menjaga stamina dan metabolisme tubuh. Meskipun olahraga berat tidak dianjurkan ketika berpuasa SGD Fighters bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda maupun aerobik ringan.

Selain memilih olahraga yang akan dilakukan, pilih juga waktu yang tepat misalnya satu jam sebelum waktu berbuka atau pun malam setelah shalat tarawih.

 

4. Mengikuti kajian
Selain dengan kegiatan kuliah, pada saat ramadhan ini kamu bisa mengikuti kajian yang dapat menambah nilai keislaman. Banyak sekali ustadz, kyai yang melakukan kajian di masjid-masjid terdekat yang dapat diikuti, selain dengan kajian yang dilakukan secara langsung, di era seperti digital sekarang ini banyak sekali ustadz, kyai yang memanfaatkan platform media sosial sebagai media dakwah seperti melakukan live streaming pengajian.

 

5. Berbagi kebaikan
Mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya ketika bulan ramadhan merupakan salah satu aktivitas ibadah yang banyak sekali dilakukan, melakukan kebaikan adalah salah satu yang bisa kita lakukan dalam mengisi waktu di bulan ramadhan. Kebaikan yang dapat kita lakukan salah satunya dengan berbagi takjil kepada orang lain, keutamaannya memberi makan orang yang berpuasa maka akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa.

Selain berbagi takjil, kamu juga dapat berbagi ilmu kepada orang lain. Sambil menunggu adzan maghrib, bergabunglah ke masjid terdekat untuk dapat mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak. Dengan begitu ilmu yang kita punya dapat bermanfaat untuk orang lain, dan kita juga mendapatkan pahala yang berlipat.

Melakukan kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadhan ini selain mendapat pahala juga menjadi kesempatan kita untuk dapat mendekatkan diri kepada Allah, sehingga ibadah puasa yang sedang dilakukan dapat dijalani dengan mudah dan dapat diterima oleh Allah SWT. Selamat menjalankan ibadah puasa SGD Fighters! (Taorena Sandra/Humas)