Senin, 06 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim RBI UNIMED Beri Pelatihan pada Tim ZI Fakultas dalam pembuatan SOP

Tim RBI UNIMED Beri Pelatihan pada Tim ZI Fakultas dalam pembuatan SOP

Tim RBI Universitas Negeri Medan menggelar workshop pengenalan aplikasi bizagi. Workshop yang dilaksanakan bertempat di Ruang Sidang B Gedung Biro Rektor pada 26 April 2024 bertujuan untuk mengenalkan aplikasi bizagi kepada seluruh tim ZI fakultas dalam merancang dokumen SOP kebetuhan LKE ZI.

Ketika membuka acara Wakil Rektor II Dr. Winsyahputra Ritonga, M.Si. mengatakan “Disini kita berkumpul untuk membangun dokumen SOP menggunakan aplikasi bizagi. Disini kita dapat diskusi bagaimana meningkatkan unimed melalui zona integritas. Seperti yang diketahui Zi telah lama digalakkan pemerintah dengan tujuan agar seluruh layanan di unit pemerintah dapat berjalan dengan baik. Zi tidak hanya diterapkan unimed tapi diseluruh instansi pemerintah. Karena pentingnya ZI kementrian diktiriatek menetapkan ZI menjadi salah satu dalam IKU perguruan tinggi,”.

“Unimed di tahun ini di seluruh fakultas memiliki kewajiban agar penilaian dokumen LKE ZI mencukupi skor yang dibutukan untuk memperoleh predikat ZI. Maka berdaskan perjanjian kerja antara dekan dan rektor maka seluruh fakultas harus dapat mencapai nilai tersebut,” ujar Wakil Rektor II.

Wakil Rektor II Dr. Winsyahputra Ritonga berharap dengan ZI seluruh pelayanan di unimed dapat berjalan dengan baik. “Tantangan kita kedepan jauh lebih sulit karena pada tahun 2026 kita akan reakreditasi kami melihat sop pada ZI ini merupakan dasar dari dokumen dalam reakreditasi. Pekerjaan ini bukanlah hal baru tetapi kita tentunya harus terus mengupgrade dokumen tersebut sesuai dengan yang perkembangan. Kita telah meminta seluruh wakil dekan 2 di fakultas agar lebih fokus dan detail untuk membangun zi. Kita harus sungguh-sungguh dalam mengerjakan zi agar sesuai dengan kementrian. Kenapa kita harus sesuai dengan kementrian karena di kementrian telah menggunakan aplikasi bizagi dalam pembuatan SOP. Jadi dengan pelatihan semoga seluruh dokumen sop yang dibuat dapat sesuai dengan aturan. Dengan pembuatan sesuai dengan aturan semoga seluruh dokumen kita dapat mendapatkan nilai yang bagus sehingga releasisasi ZI di tiap fakultas dapat terlaksana,” jelas Dr. Winsyahputra.

Dalam sambutannya Tim RBI Prof. Dr. M. Yusuf mengatakan bahwa dalam pembuatan SOP seluruh instansi yang telah memperoleh predikat ZI menggunakan aplukasi bizagi dalam pembuatannya. “Rata-rata instansi sekarang telah menggunakan aplikasi bizagi dalam meembuat dokumen SOP. Dengan menggunakan aplikasi ini diharap dapat meningkatkan skor dokumen ZI fakultas. Skor ZI kita sudah keluar ada yang masih bagus ada yang masih kurang. Karena itu kami berharap pada tim fakultas untuk fokus pads pertrmuan ini sehingga pembuatan dokumen SOP kita dapat sesuai dengan permintaan yang diperlukan,”. (Humas Unimed/zr)