Kamis, 16 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Sebanyak 30 Proposal PKM UNIMED Berhasil Lolos Pendaaan dari Ditjen Diktiristek

Sebanyak 30 Proposal PKM UNIMED Berhasil Lolos Pendaaan dari Ditjen Diktiristek

Sebanyak 30 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024 Universitas Negeri Medan dinyatakan lolos dan mendapat pendanaan dari Ditjen Diktiristek, Kemendikbudristek. Total pembiayaaan yang didapt UNIMED mencapai 251juta.

PKM yang lolos nantinya akan berkompetisi pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-37 tahun 2024 di Universitas Airlangga yang rencanaya akan diselenggarakan pada 16-22 Oktober 2024 mendatang.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Marice, M.Hum mengucapkan selamat kepada mahasiswa Unimed yang proposalnya berhasil lolos pendanaan dari Ditjen Diktiristek. “Saat mendengar kabar pengumuman ini kami merasa bangga atas keberhasilan adik-adik mahasiswa beserta dosen pembimbing karena proposal PKMnya telah berhasil lolos pendanaan Ditjen Diktiristek Tahun 2024. Nantinya tim yang proposalnya lolos ini akan melakukan penelitian. Hasil pelaksanaan dan presentasi kelompok mahasiswa PKM nantinya yang dinilai oleh tim Monev PKM Belmawa untuk direkomendasikan ke Pimnas 37 tahun ini,” ujar Prof. Marice.

Prof. Marice berharap mereka yang lolos mendapatkan pendanaan nantinya dapat lolos melaju menuju ajang bergengsi nasional yakni Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). “Pada PIMNAS nanti, karya-karya mahasiswa yang telah lolos akan semakin terasah karena hasil dari penelitian mahasiswa tersebut akan melalui uji kompetensi sehingga semakin memperlihatkan kemampuan para mahasiswa dalam mengartikulasikan dan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan serta mempresentasikannya di depan tim penilai,” terangnya.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd.. mengapresiasi capaian ini. “Kami pimpinan mengapresiasi kerja keras dan kerja nyata dari teman-teman dosen dalam membimbing mahasiswa sehingga mereka dapat menunjukkan kualitasnya sehingga mampu bersaing dengan PTN/PTS papan atas di Indonesia,” ujar Prof. Baharuddin.

Rektor juga berharap kepada mahasiswa yang lolos pendanaan PKM dapat menjadikan kegiatan PKM ini sebagai modalitas mahasiswa dalam proses pengembangan akademik dan riset. “UNIMED akan terus menerus mendukung, memfasilitasi serta memotivasi agar para mahasiswa terus berprestasi. Prestasi yang bermakna membanggakan bagi mahasiswa, dosen, dan tim serta UNIMED,” katanya.

“Kepada dosen pembimbing diharap tetap semangat dalam membimbing tim mahasiswa yang lolos pendanaan sehingga menggenjot kemampuan individu dan kelompok mahasiswa untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas untuk bisa meloloskan sebanyak mungkin tim PKM UNIMED untuk bertanding di PIMNAS 37 di UNAIR. Semoga di ajang PIMNAS dapat menjadikan para mahasiswa dan seluruh Tim PKM terus giat dalam menghasilkan karya yang inovatif dan skill sebagai intelektual. PIMNAS merupakan ajang nasional yang bergengsi serta terbaik dengan tujuan untuk memperlihatkan kualitas dari karya yang dibuat oleh mahasiswa baik dari sisi substansi, metodologi, presentasi, kerja sama, dan output dan lain-lain. Kami pimpinan berharap mahasiswa UNIMED dapat bekerja secara optimal, dan kami siap akan memfasilitasi agar bisa kembali meraih yang terbaik di ajang ini,” ujar Prof. Baharuddin.(Humas Unimed/zr)