Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

RBI UNIMED Persiapkan Tim ZI Fakultas untuk Mendapatkan Predikat WBK dan WBBM

RBI UNIMED Persiapkan Tim ZI Fakultas untuk Mendapatkan Predikat WBK dan WBBM

“Pembangunan zona integritas di unit masing-masing merupakan keperluan kita bersama sebagai civitas Unimed. dengan sudah diterapkan reformasi birokrasi di unit kita maka itu menandakan adanya perubahan dalam proses pelayanan. Untuk itulah agar pelayanan berjalan dengan baik maka diperlukan panduan/SOP yang jelas dalam melakukan pelayanan tersebut,” ujar Wakil Rektor II ketika membuka acara Workshop Penyusunan SOP Menggunakan Aplikasi Bizagi yang bertempat di Ruang Sidang B Gedung Biro Rektor lt.3 (08/05/2024).

Workshop ini merupakan lanjutan dari pelatihan pembuatan SOP yang telah dilaksanakan dua minggu lalu yang diikuti oleh puluhan tim ZI Fakultas. Pada workshop kali diberikan pelatihan lebih mendalam dalam penggunaaan aplikasi bizagi untuk membuat SOP. Selain itu peserta yang mengikuti workshop kali ini adalah agen-agen perubahan dari tiap fakultas.

Dr. Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si. lanjutnya mengatakan bahwa “Seperti yang kita ketahui kita telah memberikan yang terbaik dalam membangun ZI, jika kita berhasil mendapatkan predikat ZI itu artinya kita telah memberikan pelayanan yang lebih baik. ZI ini telah menjadi bagian penting dari IKU. Itu sebabnya pada tahun 2024 ini nantinya dekan akan mendapatkan indikator kinerja fakultas bahwa perlunya menerapkan zi di fakultas,”.

Dr. Winsyahputra menyakini dengan pembangunan ZI pada fakultas dapat meningkatkan pelayanan di fakultas. “Dengan mendapatkan ZI diyakinkan pelayanan di fakultas dapat dijalankan secara akuntabel dan transparasi. Karena itulah dengan workshop ini kita dapat menyusun SOP dengan baik dan benar sehingga dokumen yang diperlukan untuk memperoleh ZI dapat terpenuhi. ZI ini bukan suatu yang baru dengan lengkapnya dokumen ZI ini juga dapat membantu dalam akreditasi fakultas karena dokumen ZI juga mempunyai keperluan dalam akreditasi fakultas. Sebenarnya kita juga telah memiliki SOP tetapi dengan menyusun SOP menggunakan aplikasi ini dokumen SOP kita bisa lebih baik lagi dan dapat digunakan untuk menyesuaikan dengan kebijakan yang baru. Untuk itulah di tengah waktu kita yang sibuk mari kita sama-sama meluang waktu kita untuk mengerjakan SOP ini dalam rangka mempersiapkan unit kita agar memperoleh predikat WBK dan WBBK,” ungkapnya. (Humas Unimed/zr)