Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Kunjungan peserta ARC Summer School 2024 ke SMA Laboratorium Unsyiah

Kunjungan peserta ARC Summer School 2024 ke SMA Laboratorium Unsyiah

Kunjungan peserta ARC Summer School 2024 ke SMA Laboratorium Unsyiah pada tanggal 8 Mei 2024 merupakan momen yang sangat berkesan dan berharga bagi kedua belah pihak. Kunjungan didampingi oleh bapak Irfan dari faklutas pertanian USK dan Dr. Muhammad Zulfabli Hasan dari UTM. Dengan tema “From Seed to Seal: Business Innovation and Management of Patchouli Oil Industry”, kunjungan ini menjadi kesempatan bagi peserta ARC USK Summer School yang terdiri dari mahasiswa dari Universitas Teknologi Malaysia. Konfirmasi penerimaan telah diberikan oleh kepala sekolah Dr. Rini Safitri.,M.Si untuk ditindaklanjuti oleh warga sekolah.

Kehadiran yang membawa wawasan yang berharga dalam konteks inovasi bisnis dan teknologi. Dengan pengalaman peserta dari UTM dalam lingkungan akademik dan industri Malaysia, memberikan perspektif yang unik mengenai strategi bisnis dan penerapan teknologi.

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB, di mana peserta ARC Summer School disambut dengan hangat oleh warga sekolah, termasuk Wakasek bidang Kesiswaan, Bapak Hendra Darmawan, S.Si, dan Ibu Wakasek bidang Kurikulum, Ibu Anneza Astriet.,S.Pd.,Gr.,M.Si. Kehadiran mereka menunjukkan kesungguhan dan dukungan dari pihak sekolah. Kehadiran OSIS dalam penerimaan tamu menambah nuansa ramah dan menyenangkan dalam acara tersebut.

Salah satu poin penting dari kunjungan ini adalah adanya acara Cultural and Community Engagement, di mana mahasiswa ARC Summer School dapat berinteraksi langsung dengan siswa-siswa SMA Laboratorium Unsyiah dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Penampilan mahasiswa dalam acara ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk memperkenalkan budaya mereka kepada siswa-siswa lokal, sementara siswa-siswa lokal juga memiliki kesempatan untuk berbagi tentang budaya mereka. Hal ini tidak hanya memperkaya pengetahuan budaya para peserta, tetapi juga memperkuat hubungan antara kedua pihak.

Selain itu, kunjungan ke laboratorium sains merupakan salah satu highlight dari acara tersebut. Peserta ARC Summer School berkesempatan untuk melihat langsung karya-karya siswa dalam mempersiapkan kompetensi mereka di bidang sains. Kunjungan ini tidak hanya memberikan wawasan praktis mengenai proses belajar mengajar di SMA Laboratorium Unsyiah. Tetapi juga memberikan apresiasi terhadap upaya siswa dalam mengembangkan keterampilan mereka di bidang sains.

Tidak hanya itu, kunjungan juga melibatkan interaksi dengan siswa-siswa yang sedang belajar rapai Aceh di kelas Bapak Hawar Naser.S.Pd, sebuah tradisi musik tradisional Aceh yang kental dengan budaya lokal. Peserta ARC Summer School disambut dengan pementasan pemukulan gendang yang disertai dengan syair Aceh dalam meyambut tamu. . Kehadiran tamu direspon dengan hangat oleh siswa-siswa, menunjukkan keramahan dan kekayaan budaya Aceh dalam menyambut tamu.

Keseluruhan, kunjungan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi kedua belah pihak. Semoga kunjungan ini menjadi titik awal dari kerja sama yang lebih erat antara ARC Summer School dan SMA Laboratorium USK dalam mendukung pengembangan pendidikan dan budaya.