Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim Teknik Elektro Unpad Raih Juara di Ajang IEEE Robotics Competition Stage 1

Tim Teknik Elektro Unpad Raih Juara di Ajang IEEE Robotics Competition Stage 1

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara pada kompetisi IEEE Robotics Competition Stage 1 Indonesia Section yang digelar IEEE Indonesia Section di Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 25-27 April 2024 lalu.

Mahasiswa Teknik Elektro Unpad tersebut terdiri dari M. Arsyad Faridhan, Adnnia Nafis Qulub Aina, Anita Sofia Rahmi, dan Rafa Alfetino Maulana. Tim bernama “ALorInt” tersebut berhasil meraih juara II dan berkesempatan melaju ke stage 2 tingkat Asia Tenggara sebagai wakil dari Indonesia.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, tim yang dimbimbing Dosen Teknik Elektro Unpad Arjon Turnip, PhD, merancang proyek robotik dengan judul “Autonomous Logistic Interactive Robot”. Pengembangan proyek ini didasarkan pada maraknya pencurian di gudang industri farmasi.

Aksi pencurian tersebut nyatanya lebih banyak dilakukan oleh pihak internal perusahaan. Hal ini berdampak pada meningkatnya kerugian perusahaan. Karena itu, tim merancang teknologi untuk menambah keamanan dalam sistem tersebut.

IEEE Robotics Competition Stage 1 Indonesia Section merupakan bagian dari kompetisi IEEE Region 10
Robotics Competition 2024 yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan proyek robot inovatif untuk memecahkan berbagai permasalahan di kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut, Arsyad selaku ketua tim menyatakan syukur atas prestasi yang diraih. Tim optimistis untuk kembali mendulang prestasi pada stage 2 mendatang. (rilis)*