Kamis, 16 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahad Al Jamiah IAIN Papua Gelar Kajian Idul Fitri

Mahad Al Jamiah IAIN Papua Gelar Kajian Idul Fitri

(iainfmpapua.ac.id) – Ma’had Al-Jamiah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan Kajian Idul Fitri “Mengaji Al-Quran Surah Fatir dan Hadis Id” di Masjid Kampus Al-Hamid, 26 April 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Ma’had Al-Jamiah Dr. H. M. Yasin Un Mayalibit, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program utama Ma’had Al-Jamiah. “Program inti dari ma’had adalah menginginkan kalian agar dapat berjuang dengan gigih dalam hal kebaikan, kemudian berkuliah dengan baik dan mengkaji ilmu agama,” ucapnya didampingi Sekretaris Mahad Dr. M. Syukri Nawir, M.Pd. Menurutnya, mahasantri Ma’had Al-Jamiah haruslah bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan di IAIN Fattahul Muluk Papua. “Sesuai yang diperintahkan Al-Quran bahwa, bertaqwalah dan bersungguh-sungguh,” tegasnya. Yasin mengingatkan kepada para mahasantri tentang pentingnya masa depan. Ia menyebutkan tentang masa-masa yang akan dilalui mahasiswa seusai menempuh pendidikan di IAIN Fattahul Muluk Papua. “Para mahasiswa nanti akan bersaing kembali dalam dunia kerja, dan ke depan, dalam dunia kerja yang akan dilihat adalah kompetensi, bukan hanya dari almamater kalian saja,” tuturnya.  Para mahasantri ini, lanjutnya, kelak akan membawa harum nama institusi dengan aktifitasnya di masyarakat. Di akhir sambutannya, Yasin juga meminta para dosen dan pejabat di tingkat fakultas dapat memberikan motivasi dan dorongan kepada mahasiswa agar lebih gigih dalam berjuang menyelesaikan pendidikan.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan Fatiqotul Himmah menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mengajak mahasiswa membawa perubahan menuju kebaikan. Kajian yang sudah berlangsung sejak tanggal 22 April 2024 ini dimbing oleh Ustad Muhammad Wildan Najmi, Lc, S.Pd. dan diikuti oleh seluruh mahasantri Ma’had Al-Jamiah IAIN Fattahul Muluk Papua.  (Za/Is/Her/)