Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Kualitas, Prodi Ekonomi Syariah Gelar FGD Penyusunan Visi Misi dan Review Kurikulum

Tingkatkan Kualitas, Prodi Ekonomi Syariah Gelar FGD Penyusunan Visi Misi dan Review Kurikulum

UINSGD.AC.ID (Kampus II) — Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai akreditasi unggul, Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Visi Misi dan Review Kurikulum yang berlangsung di Aula FEBI, Kamis (25/4/2024).

Dengan menghadirkan narasumber utama: Cupian, SE, M.T., Ph.D, Ketua Asosiasi Prodi Ekonomi Islam Indonesia (APSEII), Aman Suparman, Ph.d., (Direktur PT Soka Cipta Niaga), Ambar Kartika (Otoritas Jasa Keuangan Syariah (OJK).

FGD yang melibatkan Komite Penjamin Mutu (KPM), Gugus Penjamin Mutu (GPM), dosen, praktisi, alumni dan mahasiswa Ekonomi Syariah yang dibuka oleh Wakil Dekan I FEBI, Dr. Iwan Setiawan, M.pd., ME.Sy.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I FEBI menyampaikan bahwa “FGD ini adalah kegiatan yang sangat penting guna mendapatkan masukan dari stakeholder terkait visi misi dan perbaikan kurikulum Prodi Ekonomi Syariah, kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan update,” tegasnya.

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Dr. Evi Sopiah, M.Ag., CIIQA, CIELP. menjelaskan bahwa penyusunan visi misi ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan adanya perubahan visi, misi, tujuan dan strategi fakultas dan universitas. “Visi akan menjadi cara pandang dan ruh yang melandasi kinerja. Dan visi ini kemudian akan diturunkan dalam misi, tujuan dan strategi,” jelasnya.

Dengan adanya visi diharapkan dapat menjadi panduan bagi Prodi. Visi misi ini kemudian perlu diaktualisasikan dalam kurikulum prodi Ekonomi Syariah yang selaras dengan perkembangan zaman, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tentunya seseuai dengan kebutuhan industri.

“Harapan dari kegiatan ini prodi Ekonomi Syariah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai akreditasi unggul,” tandasnya.

Acara diakhiri dengan penandatangan kerjasama dengan Asosiasi Program Studi Ekonomi Islam (ASPSEII) dan PT Soka Cipta Niaga (Industri Halal).