Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Warek Akademik dan Tim PMB Tinjau Pelaksanaan SNBT Gelombang Pertama

Warek Akademik dan Tim PMB Tinjau Pelaksanaan SNBT Gelombang Pertama

(Unila): Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., didampingi Kepala BAK, Koordinator Humas, dan Koordinator Pelaksana Tim PMB, meninjau pelaksanaan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) gelombang pertama, Selasa, 30 April 2024.

Peninjauan dilakukan di beberapa lokasi pelaksanaan tes meliputi laboratorium komputer di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UPT. TIK, serta Pusat Bahasa. Proses monitoring dilakukan panitia melalui command center di UPT. TIK Unila.

Untuk memastikan keamanan selama ujian, Unila menggunakan metal detector dalam pemeriksaan peserta sebelum memasuki ruangan. Panitia juga menyiagakan tenaga kesehatan di setiap lokasi serta Poliklinik Unila untuk menangani peserta yang memerlukan perawatan kesehatan.

Selama kunjungan, Tim PMB memeriksa kesiapan panitia dan kelancaran pelaksanaan ujian, terutama memastikan fungsi optimal fasilitas yang digunakan, termasuk komputer. Pengecekan dan pengujian komputer dilakukan secara menyeluruh guna memastikan ketersediaan dan kualitas alat tersebut.

Tim monitoring dan penjaminan mutu juga turut hadir di setiap lokasi untuk memantau pelaksanaan ujian, serta memberikan kuesioner evaluasi kepada petugas pelaksana dan peserta.

Setelah selesai ujian, peserta diminta untuk mengisi kuesioner evaluasi dengan cara memindai barcode yang disediakan panitia. Data ini akan digunakan sebagai masukan untuk perbaikan di masa mendatang.

SNBT gelombang pertama di Unila dilaksanakan di tujuh lokasi tes dengan total 825 peserta dalam satu sesi ujian. Pada sesi pertama, 747 peserta hadir dan 78 absen, sedangkan pada sesi kedua, 759 peserta hadir dan 66 absen.

Gelombang pertama berlangsung mulai hari ini, 30 April, serta pada 2-7 Mei 2024. Sementara itu, gelombang kedua dijadwalkan berlangsung pada 14-17 Mei 2024.

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan transparansi dan kelancaran proses seleksi calon mahasiswa baru di Unila melalui SNBT, dengan harapan agar pelaksanaan ujian berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. [Riky Fernando]