Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Memasuki Hari Keenam, Peserta UTBK Dianjurkan Survey Lokasi Sebelum Ujian

Memasuki Hari Keenam, Peserta UTBK Dianjurkan Survey Lokasi Sebelum Ujian

Serang, – Pada hari keenam UTBK-SNBT di Pusat UTBK Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada tanggal 06 Mei 2024, peserta diingatkan untuk melakukan survei lokasi sebelum ujian. Ujian ini telah berlangsung sejak 30 April lalu dan diselenggarakan di enam lokasi, termasuk Kampus Untirta Sindangsari, Kampus Pakupatan, Kampus Kepandean, Kampus Cilegon, Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Palima, dan Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang. Jadwal UTBK SNBT terbagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama mulai pukul 07.15 hingga 10.30 WIB, diikuti oleh sesi kedua mulai pukul 12.30 hingga 16.15 WIB.

Dalam pemantauan di Kampus Untirta Pakupatan, Dr. Agus Sjafari, M.Si, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang bertindak sebagai pengawas, mengapresiasi kelancaran pelaksanaan ujian. Menurutnya, kerjasama yang baik antara pengawas, teknisi ruang, tim medis, dan PJL sangat berperan dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses ujian. Penggunaan Metal Detektor dan Body Checking juga terbukti efektif dalam mencegah masuknya barang terlarang ke dalam ruangan ujian.

Namun, Dr. Agus Sjafari menyoroti masalah yang sering terjadi, yaitu beberapa peserta yang tidak melakukan survei lokasi sebelumnya, yang menyebabkan kebingungan dalam menemukan lokasi ujian. Oleh karena itu, dia menekankan pentingnya untuk setiap peserta melakukan survei lokasi setidaknya satu hari sebelum ujian, guna menghindari kesalahan yang dapat mengganggu jalannya ujian.

Selain itu, Dr. Agus juga memberikan tips kepada peserta untuk membawa dokumen yang diperlukan dan hadir dalam kondisi sehat serta sudah sarapan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa peserta dalam kondisi optimal saat mengikuti ujian. Selain itu, dia juga mengingatkan peserta untuk berpakaian rapi dan sopan, menunjukkan rasa hormat terhadap proses ujian.

Sementara itu, Prof. Wahyu Susihono, yang sedang melakukan kunjungan ke Kampus UIN SMHB mengingatkan bahwa kesehatan para panitia juga sangat penting. Para panitia, termasuk pengawas, teknisi ruang, dan PJL, memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kelancaran dan keamanan ujian. Kehadiran mereka yang lebih awal dan pulang lebih akhir dari peserta menuntut mereka untuk tetap menjaga kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.
UTBK SNBT Gelombang I akan berakhir pada tanggal 7 Mei 2024 dan dilanjutkan dengan gelombang II pada tanggal 14 Mei 2024 s.d 20 Mei 2024. (PPVA/AAP)