Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Farmasi UAD Lakukan Pengabdian Kontinu di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman

Farmasi UAD Lakukan Pengabdian Kontinu di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman

Pengabdian Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman (Dok. Istimewa)

Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terus berkomitmen dalam pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya melalui program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Minggir, Sleman. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Desember 2023 hingga Maret 2024.

Agenda utama dalam program pengabdian adalah pelatihan pembuatan produk farmasi berupa sabun batang disertai dengan edukasi mengenai pemanfaatan produk tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka menguatkan kapasitas mereka, terutama sebagai siswa SMK, sebagai salah satu agen perubahan. Harapannya, siswa memiliki tambahan bekal keterampilan selain kemampuan literasi.

Seluruh siswa jurusan Farmasi di sekolah tersebut mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias. Mereka aktif mengikuti jalannya acara dan tidak segan untuk bertanya kepada narasumber. Dari kegiatan ini tampak sekali bahwa siswa memiliki tambahan informasi terkait dengan bahan-bahan aktif dan bahan tambahan pembuatan sabun yang mudah diperoleh dan siswa bisa berkreasi secara mandiri menurut selera estetika masing-masing. Beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi UAD berperan menjadi tim pelaksana kegiatan.

“Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat baik, terlihat dari peningkatan pengetahuan hasil belajar mereka,” terang Ana Hidayati. Ia bersama Deasy Vanda Pertiwi dan Haafizah Dania bertindak sebagai tim pelaksana kegiatan.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Minggir Edy Purwanto, S.Pd.T. juga menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Ia berharap siswa memiliki tambahan keterampilan dalam pembuatan sediaan farmasi dan pengetahuan tentang penggunaan obat.

“Kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap ini, selain sebagai penguatan dan kerja sama, juga sebagai bentuk Amal Usaha Muhammadiyah. Kami harap dapat berkembang dan melebar pada aktivitas yang lain dan terus dilanjutkan pada periode mendatang,” jelas Edy.

Menurutnya, kegiatan ini sangat baik untuk dilaksanakan secara berkesinambungan, tidak sekadar pada pengabdian masyarakat saja, tetapi juga praktik mengajar bagi para siswa. (doc)

uad.ac.id