Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Bela Palestina, Ini 8 Poin Pernyataan Sikap dari Forum Rektor PTMA

Bela Palestina, Ini 8 Poin Pernyataan Sikap dari Forum Rektor PTMA

Umsida.ac.id – Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (FR PTMA) menggelar aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel secara serentak pada hari ini (07/05/2024) di tempat kegiatan civitas masing-masing pada pukul 10.00 WIB.

Aksi ini bertujuan untuk memberhentikan konflik kemanusiaan berkepanjangan yang dilakukan oleh Israel kepada Palestina secara brutal. 

Baca juga: Babak Baru Perjuangan Pembebasan Palestina

8 poin pernyataan sikap FR PTMA bela Palestina
bela Palestina
Ilustrasi: Unsplash

Hampir satu abad konflik Israel-Palestina tidak kunjung berujung. Hal ini tidak lepas dari misi Zionis Israel untuk menguasai tanah Palestina. Berbagai serangan, penindasan, pengusiran, dan pembunuhan dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina. 

Sejak 7 Oktober 2023 hingga saat ini, agresi dan serangan militer Israel terhadap warga Palestina merupakan serangan yang paling keji, biadab, dan brutal dalam sejarah konflik Israel dan Palestina. Korban terbunuh telah mencapai hampir 35.000 orang dan terluka mencapai lebih dari 77.867 orang, yang sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Bahkan saat ini, sebagian besar jalur Gaza telah menjadi puing-puing. Pasokan makanan dan bantuan kemanusiaan ke Palestina diawasi dan dibatasi secara ketat oleh tentara Israel, sehingga kelaparan menjadi pemandangan yang sangat memilukan.

Ironisnya, tindakan yang dilakukan Israel terhadap Palestina justru mendapat pembiaran dan dukungan dari negara-negara seperti Inggris, Prancis, Jerman, dan Amerika Serikat.

Menyikapi hal tersebut, Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah menyatakan sikap tegasnya sebagai berikut:

  1. Mengutuk keras Israel atas agresi dan serangan militer yang sangat tidak proporsional, penangkapan massal terhadap warga sipil Palestina, perusakan berbagai fasilitas umum, utamanya fasilitas Kesehatan, serta blokade bantuan kemanusiaan.
  2. Mengecam sikap Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Jerman, dan negara-negara serta pihak-pihak lainnya yang terus memberikan dukungan dan bantuan terhadap Israel dalam agresi dan penyerangannya terhadap Palestina. 
  3. Meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memaksa dan memfasilitasi perundingan dan gencatan senjata Israel dan Palestina. 
  4. Mendukung Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) mengadili Benjamin Netanyahu dan tokoh-tokoh Israel lainnya yang terlibat dalam genocide warga Palestina.
  5. Mengecam Organisasi Kerjasama Islam, Rabithah Alam Islami, dan negara-negara Arab yang bersikap lemah dan cenderung membiarkan Israel secara leluasa melakukan penyerangan dan pembunuhan hanya untuk kepentingan dalam negeri mereka sendiri. 
  6. Meminta kepada Pemerintah Indonesia, agar tidak berpikir sedikit pun dan apalagi melakukan langkah-langkah politik untuk membuka hubungan diplomatik dengan negara agresor dan pelaku genocide Israel. 
  7. Atas nama hak asasi manusia dan pesan agung Konstitusi Republik Indonesia yang menegaskan bahwa segala bentuk penjajahan harus dihapuskan, serta aspek historis relasi Indonesia dan Palestina, kami meminta agar Pemerintah Indonesia memperkuat jalinan diplomasi dengan negara-negara lain untuk mewujudkan lahirnya negara Palestina yang merdeka dan berdaulat.
  8. Mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk terus memberikan perhatian serius terhadap perkembangan konflik Israel dan Palestina, dengan terus memberikan bantuan moral, material, dan spiritual terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Demikian pernyataan sikap Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah.

bela Palestina
Ilustrasi: Unsplash

Baca juga: Umsida Gelar Aksi Bela Palestina Bersama 171 PTMA

Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sendiri, aksi bela Palestina dilaksanakan di depan masjid An-Nur kompleks perguruan Muhammadiyah Sidoarjo. Aksi bela Palestina yang akan diikuti oleh seluruh lapisan warga Umsida dan Smamda ini diperkirakan akan ada sekitar 2.000 lebih orang. 

Terdapat banyak tokoh yang akan membawakan orasi bela Palestina, baik itu dari ormawa, ortom, dekan, mahasiswa, siswa, dan rektor Umsida. Tentunya aksi ini akan didampingi oleh pihak keamanan dan ketertiban dari polresta Sidoarjo.

Sumber: FR PTMA

Penulis: Romadhona S.