Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UAD Lakukan Pembekalan 40 Tim PKM Lolos Pendanaan Kemendikbudristek Tahun 2024

UAD Lakukan Pembekalan 40 Tim PKM Lolos Pendanaan Kemendikbudristek Tahun 2024

Pembekalan 40 Tim PKM Universitas Ahmad Dahlan Lolos Pendanaan Kemendikbudristek Tahun 2024 (Dok. Istimewa)

Tahun 2024 ini, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) serta Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center UAD sudah membantu mengunggah 166 proposal PKM, dan 40 proposal di antaranya lolos pendanaan. Semua hasil yang didapatkan tentu berasal dari kolaborasi peran sivitas akademika antara para dosen, PKM Center, dan mahasiswa.

Sebelum pelaksanaan pembuatan proposal PKM 2024 dilaksanakan, sosialisasi diprogramkan secara masif untuk memberikan landasan kuat kepada mahasiswa apa yang akan dilakukan ke depannya ketika mengikuti perlombaan PKM. Agenda dilanjutkan dengan penyusunan proposal yang dibimbing oleh masing-masing dosen pembimbing tim dan dimentori langsung oleh para dosen pembina PKM Center UAD.  Mereka juga mengundang reviewer eksternal UAD yaitu Suherman, S.Si., M.Sc., Ph.D. Hal tersebut merupakan upaya memaksimalkan ikhtiar untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Proposal yang Lolos Pendanaan 8 bidang tahun 2024 terdiri atas 13 PKM-Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), 14 PKM-Riset Eksakta (PKM-RE), 7 PKM-Kewirausahaan (PKM-K), 5 PKM-Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), dan 1 PKM-Karsa Cipta (PKM-KC). Proses seleksi PKM 8 Bidang ini menjaring kelayakan pendanaan setiap tim. Kriteria penilaian proposal yang dilakukan oleh reviewer nasional secara umum didasarkan pada eligibilitas atau kelayakan proposal, baik secara kepenulisan maupun kelayakan rencana anggaran biaya yang diusulkan.

“Mendapatkan pendanaan PKM bukanlah hal yang mudah tetapi tidak pula mustahil. Bagi saya dan tim yang juga ikut perlombaan ini, selama proses pembuatan proposal kami dipacu untuk terus berdiskusi dan berprogres menemukan alur pikir yang tetap berlandaskan akademis sembari dibimbing oleh dosen kami untuk tetap pada koridor keilmiahannya, dan alhamdulillah hasil itu kami dapat dengan lolosnya tim kami di pendanaan PKM 2024 ini, selanjutnya semoga Allah mudahkan jalan kami dan tim UAD lainnya untuk terus melaju hingga meraih emas di PIMNAS nanti,” Ujar Syam sebagai pengurus PKM Center dan mahasiswa yang lolos pendanaan PKM tahun 2024.

Dalam mendukung PKM, Bimawa UAD akan terus memotivasi, mendampingi, dan membimbing mahasiswa untuk sampai ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 37. Bimawa UAD tentunya juga akan memberikan kesempatan rekognisi satuan kredit semester (SKS) sesuai dengan mata kuliah yang relevan. (Dilla)

uad.ac.id