Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

LPMPP Gelar Workshop Pengembangan dan Evaluasi Mata Kuliah Universitas (MKU) Berbasis Project

LPMPP Gelar Workshop Pengembangan dan Evaluasi Mata Kuliah Universitas (MKU) Berbasis Project

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Pengembangan dan Evaluasi Mata Kuliah (MKU) Berbasis Project Bagi Dosen  Di ruang Multimedia Gedung Rektorat kampus Sindangsari (7/5).

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Rektor bidang akademik Dr. Ir. Rusmana, MP., Kepala LPMPP Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono, ST., MT.. ASEAN Eng, Sekretaris LPMPP, Dr. Helmi Yazid, SE., M.Si., beserta Kepala Pusat di bawah naungan LPMPP dan diikuti oleh Dosen MKU. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dan bertujuan untuk menghasilkan pedoman atau draft tentang pengembangan MKU berbasis project.

Kegiatan ini merespon program kemendikbud yang sekarang sedang menggalakan pembelajaran MKU berbasis Model. nanah sujanah, S.Ag., M.Si, Kepala Pusat Pengembangan Evaluasi dan Mutu

Menjelaskan “kita semua mendapatkan pencerahan bagaimana MKU ini kita bisa kembangkan supaya tujuannya pembentukan karakter, supaya dalam pembelajaran anak-anak senang, enjoy dan berkesan.”

Dalam sambutannya, Prof. Wahyu menyampaikan bahwa output kegiatan hari ini menjadi salah satu indikator kinerja tambahan untuk kebutuhan akreditasi

“apa yang dikerjakan hari ini menjadi sangat penting, menjadi tonggak sejarah dan itu disampaikan ke Prodi, MKU itu bagaimana mewarnai MKBM. Karena akan lebih baik lagi jika pedoman itu disosialisaikan ke semua prodi” ujarnya

Wakil rektor I bidang akademik Dr. Rusmana dalam sambutannya yang mewakili Rektor Untirta menyambut baik dengan diadakannya kegiatan ini, Rusmana menyampaikan bahwa pengembangan MKU ini kaitannya dengan kurikulum MBKM “dengan berbasis projek ini, tinggal kreasi kita dalam Rencana pembelajaran semester, di create supaya memenhi tridharma perguruan tinggi. Ucapnya.

9 MKU atau Mata Kuliah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa diantara lain adalah mata kuliah Agama, Moderasi Beragama, Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Studi Kebantenan,  Ketahanan Pangan, English for Academic Purpose dan Teknologi dan Transformasi Digital. (HIS/AAP).