Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Dorong Progres Tim PKM Menuju PIMNAS 2024

Unimed Dorong Progres Tim PKM Menuju PIMNAS 2024

Universitas Negeri Medan mengadakan pelaksanaan Pra Simulasi Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Pendanaan Proposal Kreativitas Mahasiswa Tahun 2024. dilaksanakan secara daring (07/05/2024).

Kegiatan ini di hadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Marice, M.Hum., dihadiri Seluruh Wakil Dekan III di lingkungan Unimed, Juri Simulasi PKP2 Unimed Tahun 2024 dan 30 Kelompok Tim PKM Pendanaan Tahun 2024 yang bergabung pada zoom meeting.

Kegiatan ini merupakan salah satu kebijakan Pimpinan Unimed dalam pembinaan kreativitas mahasiswa, serta sebagai salah satu rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan ke 30 kelompok PKM Pendanaan Tahun 2024 dalam menghadapi Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) dari Belmawa yang dijadwalkan pada 22 Juli – 03 Agustus 2024. Kegiatan Pra simulasi PKP2 tidak bersifat mengevaluasi, tetapi sebagai wadah bagi mahasiswa Unimed pemenang PKM untuk mendapat kajian ilmiah untuk mempertajam dan memperkaya kajian pelaksanaan PKM, metode, bahkan strategi menyelesaikan PKM sehingga dapat memaksimalkan kuantitas dan kualitas capaian PKM.

Prof. Dr. Marice, menyampaikan Semoga dengan kegiatan ini menjadi motivasi bagi kita semua dan kita percaya para narasumber yang kita undang merupakan yang sudah ahli dalam bidang nya. kita berharap besar kepada 30 kelompok PKM Pendanaan Tahun 2024 ini bisa memberikan gambaran kualitas Unimed secara rasional,maka tahun ini kita sangat berharap besar ada peningkatan prestasi untuk Pimnas tahun 2024 ini.

Lanjut Prof. Marice , satu kesempatan yang tepat dan yang paling istimewa untuk berkomunikasi dan boleh menanyakan semua hal yang terkait dengan penelitan dan lain sebagainya sehingga paham akan alur dari kegiatan ini . mari kita termotivasi dengan kehadiran guru besar dan narasumber . Semoga dengan kegiatan ini membawa perekembangan yang sangan bagus untuk melangkah ke PIMNAS yang merupakan satu kegiatan yang sangat istimewa didalam kegiatan kemahasiswaan secara nasional . biarlah kegiatan ini benari –benar kita tekuni sehingga bisa megikuti PKM lebih leluasa.

Tri Andri Hutapea, S.Si., M.Sc selaku ketua panitia menyampaikan bahwa setelah diumumkan lolos pendanaan pada tanggal 19 April 2024 oleh Dirjen Belmawa Kemendikbud Ristekdikti, seluruh mahasiswa pemenang PKM Pendanaan hanya diberikan waktu kurang lebih 60 hari untuk menyelesaikan program PKM dan mencapai target yang telah ditetapkan pada proposal masing-masing kelompok. Hasil penyelesaian program dan semua target PKM akan diunggah ke Simbelmawa untuk selanjutnya dievaluasi oleh para reviewer nasional, yang mana kegiatan ini menjadi seleksi bagi Tim PKM untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke 37 di Universitas Airlangga, Surabaya.

Pra Simulasi PKP2 ini melibatkan sebanyak 43 Bapak Ibu Dosen Terbaik Universitas Negeri Medan yang keilmuannya serumpun dengan topik PKM Mahasiswa Unimed Pendanaan Tahun 2024. Harapan kita bersama, melalui kegiatan ini, ke 30 Kelompok Mahasiswa PKM UNIMED ini mendapat masukan yang lebih komprehesif sehingga mempertajam dan memperkaya laporan dan produk PKM untuk dilaporkan ke Simbelmawa dan dipresentasikan pada PKP2 Belmawa.(Humas Unimed/ms)