Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Hasil UTBK-SNBT 2024 Diumumkan Besok

Hasil UTBK-SNBT 2024 Diumumkan Besok

SEBANYAK 7000-an calon mahasiswa telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Bengkulu pada 30 April hingga 20 Mei 2024 lalu. Hasilnya akan diumumkan besok, 13 Juni 2024, pukul 15.00 WIB.

Wakil Rektor I Bidang Akademik ketika memantau pelaksanaan UTBK-SNBT beberapa waktu lalu.(hms1)

Ketua Panitia Lokal (Panlok) UTBK-SNBT 2024 yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik Unib, Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.T menjelaskan, pengumuman dilakukan serentak secara nasional pada laman website utama : pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Selain itu, peserta juga dapat melihat pengumuman melalui link mirror pada 40 laman perguruan tinggi negeri, termasuk laman https://snbt.unib.ac.id.

“Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menyediakan 40 link pengumuman dan satu link utama yaitu https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id,” ujar Prof. Mochamad Lutfi Firdaus.

Selain melihat pengumuman kelulusan kata Prof. Mochamad Lutfi, secara bersamaan para peserta juga bisa mengunduh sertifikat UTBK. “Jadi, setelah melihat pengumuman, para peserta juga bisa mengunduh sertifikat UTBK yang menjadi dokumen penting dalam proses penerimaan mahasiswa baru,” paparnya.

Adapun cara melihat pengumuman UTBK-SNBT, sebagai berikut : Buka link : pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau https://snbt.unib.ac.id dan link mirror lainnya. Lalu isi nomor pendaftaran SNBP dan tanggal lahir masing-masing peserta, kemudian klik “Lihat Hasil Seleksi”.

Selanjutnya, laman akan menampilkan status kelulusan UTBK-SNBT Peserta yang lulus ditandai dengan header biru, sedangkan peserta yang tidak lulus ditandai dengan header merah.

Suasana pelaksanaan UTBK-SNBT di Universitas Bengkulu beberapa waktu lalu.(foto:hms1)

Peserta yang dinyatakan lolos dapat melakukan daftar ulang di perguruan tinggi negeri (PTN) yang dituju. Sementara bagi peserta yang belum lolos, masih berkesempatan untuk mencoba jalur mandiri PTN atau perguruan tinggi swasta (PTS).

Unib sendiri melaksanakan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri bersama 25 perguruan tinggi negeri dalam Konsorsium Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat Indonesia yang disebut SMMPTN-Barat.

“Ini memberi peluang bagi peserta UTBK-SNBT yang belum lulus. Jangan putus asa dan segera daftar jalur mandiri yang masih terbuka masa pendaftaran hingga tanggal 20 Juni 2024 pukul 16.00 WIB,” ucap Prof. Mochamad Lutfi Firdaus.

Informasi terkait jalur mandiri dapat dilihat pada laman https://smmptnbarat.id dan pendaftaran online dapat dilakukan melalu link : https://pendaftaran.smmptnbarat.id. [Purna Herawan/Humas].