Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Wisuda Ke-106, Unib Tambah 959 Lulusan

Wisuda Ke-106, Unib Tambah 959 Lulusan

UNIVERSITAS Bengkulu (Unib) menggelar wisuda periode ke-106 yang merupakan wisuda ke- 2 tahun 2024, di Gedung Serba Guna (GSG) Unib, Kamis (13/6/2024). Pada wisuda kali ini, Unib meluluskan 959 wisudawan dari Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana dan Vokasi/Diploma.

Rektor dan Ketua Senat serta para Guru Besar Unib disambut tarian pedang ketika memasuki aula GSG Unib.(foto:hms1)

Acara wisuda digelar dalam bentuk rapat terbuka yang dihadiri ketua dan para anggota senat universitas, para guru besar, para wakil rektor, para dekan, serta ribuan orang tua para wisudawan. Acara ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc.

Dalam laporannya, Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.T menyampaikan, jumlah wisudawan berdasarkan fakultas sebagai berikut : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 316 orang; Fakultas Hukum (FH) 73 orang; dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 241 orang.

Rektor Unib Dr. Retno Agustina Ekaputri ketika membuka acara wisuda ke 106.(foto:hms1)

Selanjutnya ; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 98 orang; Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 89 orang; Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 41 orang; Fakultas Teknik (FT) 67 orang; dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebanyak 34 orang.

Berdasarkan jenjang pendidikan, jumlah wisudawan dari jenjang Pascasarjana S-3 (Doktor) sebanyak 17 orang, Pascasarjana S-2 (Magister) sebanyak 156 orang, Program Profesi 10 orang, Sarjana Reguler (S1) sebanyak 765 orang, Sarjana Non Reguler (S2) 5 orang, dan Program Vokasi/Diploma sebanyak 6 orang.

Dengan penambahan jumlah lulusan ini, maka total lulusan UNIB hingga Juni 2024 sebanyak 74.426 orang, terdiri dari Program Doktor (S3) 205 orang, Magister (S2) 10.504 orang, Sarjana (S1) 51.925 orang, Profesi 388 orang dan Program Vokasi/Diploma sebanyak 11.404 orang.

“Selamat kepada para wisudawan, semoga ilmu yang didapat di Universitas Bengkulu dapat menjadi bekal dalam menghantarkan kesuksesan Anda di masa akan datang,” ujar Prof. Mochamad Lutfi Firdaus.

Wakil Rektor Bidang Akademika Prof. M. Lutfi Firdaus ketika melaporkan jumlah wisudawan.(hms1)

Proses wisuda atau pelantikan 959 wisudawan dilakukan langsung oleh Rektor UNIB Dr. Retno Agustina Ekaputri. Pelantikan ditandai dengan pemindahan kuncir toga para wisudawan dari kiri ke kanan. Di samping rektor, berdiri Dekan dari masing-masing fakultas yang menyerahkan ijazah kepada para wisudawan.

Moment bahagia ini disiarkan secara live streaming pada akun YouTube Universitas Bengkulu, sehingga acara ini dapat disaksikan oleh keluarga wisudawan dan masyarakat dari manapun berada.

Pada acara ini Rektor juga menyambut dosen kembali yang telah melaksanakan studi lanjut, dan menyerahkan piagam penghargaan kepada para wisudawan yang meraih predikat cumlaude, serta wisudawan menginspirasi dan wisudawan termuda.

Rektor ketika menyambut dosen kembali yang telah menyelesaikan studi lanjut S3 di UGM.(foto:hms1)

Dosen Unib yang telah menyelesaikan studi lanjut, yaitu Dosen pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) atas nama Dr. Pepi Novianti, S.Si, M.Si. Ia meraih gelar doktor spesialisasi Statistika dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, lulus tanggal 31 Januari 2024.

Untuk piagam penghargaan wisudawan predikat terbaik (cumlaude) pada wisuda ke-106 ini, dari jenjang Doktor, Rektor berikan kepada Dr. Ramanata Disurya dari Program S3 Pendidikan yang meraih IPK 3,97. Sedangkan untuk jenjang S2 (Magister), diberikan kepada Elisabeth Evelin Karuna, M.Stat dari Program Studi Magister Statistika FMIPA Unib yang meraih IPK 4.00.

Wisudawan predikat terbaik (cumlaude) dan wisudawan menginspirasi pada wisuda 106.(foto:hms1)

Selanjutnya, piagam wisudawan terbaik jejang Pendidikan Profesi diberikan kepada dr. Benly Levi Andreas Sibarani dari Program Pendidikan Profesi Dokter FKIK Unib yang meraih IPK 3,72. Dan piagam wisudawan terbaik jenjang S1 (Sarjana) diberikan kepada Choirunnisa Asti M, S.Ak dari Program Studi S1 Akuntasi FEB Unib yang meraih IPK 3,95. Serta piagam wisudawan terbaik jejang vokasi (D3) diberikan kepada Kentjanawati, A.Md.Ak dari Program Studi D3 Akuntansi FEB Unib yang meraih IPK 3,83.

Kemudian, piagam wisudawan dengan usia termuda pada wisuda periode ke-106 ini diberikan kepada Sptiyani, S.M dari Program Studi S1 Manajemen FEB UNIB yang meraih IPK 3,56. Wisudawan ini lahir pada tanggal 17 September 2003 dan pada tanggal 13 Juni 2024 ini Ia berusia 20 tahun 8 bulan 27 hari.

Rektor menyerahkan piagam penghargaan kepada wisudawan terbaik (cumlaude), wisudawan usia termuda dan wisudawan menginspirasi.(foto:hms1)

Sedangkan piagam penghargaan Wisudawan Menginspirasi pada wisuda 106, diserahkan rektor kepada wisudawan dari Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNIB atas nama Yusri Fajri Annur, S.Pd dengan IPK 3,90.

Yusri Fajri Annur merupakan penerima beasiswa KIP Kuliah dari tahun 2020-2024 dengan segudang prestasi, karya ilmiah dan pengalaman pekerjaan. Ia juga aktif berorganisasi dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Prestasi yang diraih Yusri selama kuliah antara lain, Mendali Perak LKTI International AISEFF Online (2024), Mendali Emas LKTI International AISEFF Online (2023), Juara 2 Stand Up Comedy KMI AWARDS di Bali (2023), Juara 3 Lomba Poster Nasional POIF (2022), Delegasi Bengkulu Kegiatan Bawa Idemu, Jakarta (2023), Delegasi FKIP Unib Sea-Teacher Program, Philipines (2023), Delegasi Unib Bisnis Digital P2MW, Bali (2023), Penghargaan Pinoy at Heart & Rice is Life, Universitas Santo Tomas (2023), Top 7 Delegasi Nasional Bengkulu, Pertukaran Pemuda Antar Negara, Kemenpora (2024), Mahasiswa Berprestasi Nasional dan Internasional Unib (2023).

Rektor ketika melantik para wisudawan dengan memindahkan kuncir toga dari kiri ke kanan.(hms1)

Sedangkan organisasi yang diikuti Yusri antara lain, sebagai Ketua Ikatan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu (January 2024 – present), Ketua English Day Unib (2023), Bidang Acara, Kita Sama Community (2024), dan Divisi 3D Ikatan Duta Bahasa Provinsi Bengkulu (2021-2023). Dan karya ilmiah yang pernah dihasilkan yaitu Publikasi Ilmiah “Pendidika Karakter dan Etika dalam Pendidikan” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Buku Bawa Ide untuk Indonesia “Pranata Internet (Digital Literacy), serta Cerita Asal Usul Desa Air Bening.

Selain aktif berorganisasi dan menghasilkan karya ilmiah, Yusri juga aktif bidang pengabdian kepada masyarakat dan kerelawanan. Ia pernah menjadi Marbot Masjid Al-Ikhlas, Pondok Bulat (2022) dan Marbot Masjid Darussalam Perumnas Unib (2023—sekarang). Kemudian, pernah menjadi Pemateri Seminar Budaya dan Bahasa, PPKB (2023), Pematari Workshop International, BEM FKIP (2023), Pemateri Public Speaking, Hima PGSD (2022), serta Volunteers UPT Bahasa Unib Batch 3 (2023).

Wisudawan menerima ijazah dari masing-masing dekan setelah dilakukan pelantikan oleh Rektor.(hms1)

Alumni SMAN 6 Rejang Lebong (2017-2020) ini juga berpengalaman sebagai A New Start FS Inc. Florida, USA (2023-sekarang), Penerjemah Duta Besar Iran dan Singapura, Internasionalisasi Tabuut, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu (2023), Magang Internasional Asian African Youth Government (AAYG) 2022, Magang International Sea Teacher Program Philipines, Co-founder Start up SNISHOP.ID, Pemuda Penggerak (Operator dan Fundriser) Yayasan Miftahussibyan (2018–sekarang), Eksekutor Yayasan Karinosseff Muda Indonesia (2021-2023), Acquin Translator dan Intepreter, Universitas Bengkulu (2022), Tutor English Academy Bengkulu (2023), Moderator International Workshop: Integrating International Language in Learning Experiences to Prepare Young Generation for Global Challenges, PPLFKIP (2023), dan pekerjaan lainnya.

“Semoga prestasi dan pengalaman yang digapai Yusri selama ini dapat menjadi bekal dalam meraih kesuksesan di masa akan datang dan semoga dapat menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa dan generasi muda lainnya,” papar Prof. Mochamad Lutfi Firdaus.

Rektor Unib, Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc dalam pidatonya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan studi di Universitas Bengkulu. “Semoga ilmu yang Anda dapat di Unib dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Kami juga berharap, Anda dapat menjaga nama baik almamater,” ucapnya.[Purna Herawan/Humas].

Para wisudawan ketika mengucapkan Janji Wisudawan.(foto:hms1)
Rektor dan Ketua Senat serta para Guru Besar Unib foto bersama dengan para wisudawan.(foto:hms1)