Kamis, 27 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Shalat Iduladha di Unib Diikuti Jamaah dari 3 Masjid Sekitar Kampus

Shalat Iduladha di Unib Diikuti Jamaah dari 3 Masjid Sekitar Kampus

ALLAHU Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar. Laa ilaaha illallaahu wallahu Akbar. Allahu Akbar wa lillaah ilhamd. Takbiran berkumandang, pelaksanaan shalat Iduladha 1445 Hijriyah tahun 2024 di halaman gedung Rektorat Unib berlangsung sukses dan khidmad, Senin pagi (17/6/2024) pukul 06.35 WIB.

Ketua Panitia sedang menyampaikan laporan dan terlihat Rektor dan Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya bersama Anggota DPD RI Terpilih Destita Khairilisani di barisan jamaah perempuan. (foto:hms1)

Shalat ied berjamaah dipimpin Ustad Rahmat Abdullah, S.Sos sebagai Imam dan Ustad Surohim, M.Si sebagai Khotib.

Selain dihadiri para pimpinan, dosen dan karyawan Unib, kegiatan ibadah ini juga dihadiri ratusan masyarakat yang merupakan jamaah dari 3 masjid yang ada di sekitar kampus Unib.

“Alhamdulillah, meskipun kegiatan ibadah ini baru pertama kali kita laksanakan di kampus, tapi antusiasme masyarakat sangat tinggi. Terlihat ramai sekali warga sekitar kampus yang ikut shalat Iduladha bersama-sama kita di halaman gedung Rektorat Unib ini,” ujar Wakil Rektor III Unib Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum, sebagai Ketua Panitia Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah.

Jamaah shalat Iduladha di Unib tampak khusuk mengikuti Imam dan mendengarkan kotbah.(foto:hms1)

Warga yang hadir ini kata Prof. Candra Irawan, merupakan para jamaah dari 3 masjid yang ada di sekitar kampus Unib, yaitu Masjid Al-Hidayah Gang Melati, Masjid Al-Mutaqin Gang Juwita, dan Masjid Ikhwanul Muslimin Gang Damai.

“Terimakasih kami ucapkan kepada para pengurus masjid dari tiga masjid tersebut dan kepada unsur pemerintahan setempat mulai dari tingkat kelurahan, RT dan RW yang telah bekerjasama mensukseskan kegiatan ibadah shalat Iduladha ini,” ucap Prof. Candra.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini kata Prof. Candra, maka pada tahun-tahun akan datang Unib akan konsisten melaksanakan shalat Iduladha di kampus. “Kegiatan ini kita jadikan agenda rutin tahunan, bahkan bukan hanya shalat Iduladha yang akan dilaksanakan di kampus tapi juga shalat Idul Fitri,” ujarnya.

Pimpinan Unib, dosen dan tenaga kependidikan berbaur dengan masyarakat sekitar kampus tampak khusus mendengarkan kotbah Iduladha.(foto:hms1)

Dengan melaksanakan shalat Iduladha dan Idul Fitri bersama dengan masyarakat sekitar kampus, diharapkan ibadah ini akan mendatangkan keberkahan bagi kemajuan Unib dan keberkahan bagi masyarakat.

“Kami pimpinan Unib mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, Imam dan Khotib, serta panitia yang telah mensukseskan kegiatan ibadah di kampus ini. Semoga dengan kegiatan ini, Unib tidak hanya sebagai tempat menuntut ilmu tapi juga wadah efektif bagi siyar agama dan kita semua mendapat berkah dari Allah SWT,” tutur Prof. Candra Irawan.

Jamaah shalat Iduladha di Unib berdoa bersama berharap berkah dari Allah SWT.(foto:hms1)

Sebagai Ketua Panitia Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah Unib tahun 2024, Prof. Candra Irawan juga menjelaskan, selain melaksanakan shalat Iduladha di kampus, pada tahun ini Unib juga melakukan kegiatan penyembelihan hewan qurban di masjid kampus Unib yaitu di Masjid Darul Ulum.

“Setelah shalat ied ini kita menggelar jamuan di gedung rektorat kemudian bersama-sama menyaksikan acara penyembelihan hewan qurban di Masjid Darul Ulum,” ujarnya.

Pimpinan, dosen dan tenaga kependidikan Unib saling bermaaf-maafan usai shalat Iduladha.(foto:hms1)
Foto bersama pimpinan Unib, pimpinan fakultas dan lembaga selingkung Unib dengan Khotib.(foto:hms1)
Rektor Unib menggelar jamuan makan bersama usai shalat Iduladha di Rektorat Unib.(foto:hms1)

Qurban 8 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing

Jumlah hewan qurban yang disembelih sebanyak 8 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Hewan qurban ini dihimpun dari 29 peserta perorangan dan 3 dari lembaga/institusi yaitu BSI, Rumah Zakat BPKH dan AMKI Rumah Amal Salman.

Doa bersama sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan qurban Iduladha 1445 H di Unib.(foto:hms1)

Total Penerima manfaat dari qurban ini adalah 1200 penerima (kupon) yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, pegawai non PNS dan pegawai tenaga harian lepas serta para penerima lainnya yang membutuhkan.

“Kami panitia qurban mengucapkan terima kasih, jazakumullah khairan katsir atas kepercayaan para peserta qurban untuk berbagi bersama hewan qurbannya di kampus tercinta, Universitas Bengkulu. Insya Allah untuk tahun berikutnya penyelenggaraan qurban akan lebih baik lagi,” ujar Prof. Candra Irawan.

Penyerahan secara simbolis hewan qurban untuk disembelih oleh panitia qurban di Unib.(foto:hms1)

Pantauan Tim Humas Unib, kegiatan penyembelihan hewan qurban dimulai sekitar pukul 09.15 WIB. Acara diawali dengan doa bersama dan penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Rektor Unib Dr. Retno Agustina Ekaputri, S.E, M.Sc kepada Panitia Qurban.

Setelah seluruh hewan qurban disembelih, panitia melakukan penimbangan daging dan membaginya ke dalam 1200 kantong plastik untuk dibagikan kepada pengurban dan masyarakat yang telah mendapatkan kupon daging.

Penyembelihan 9 hewan qurban di Unib berlangsung lancar tanpa kendala berarti.(foto:hms1)

Pembagian daging hewan qurban dimulai pukul 13.15 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan tertib, lancar dan tanpa kendala berarti. Masyarakat penerima manfaat terlihat sangat senang dan bahagia mendaptkan daging hewan qurban dari Unib. [Purna Herawan/Humas].

Panitia memotong, menimbang dan membagi daging hewan qurban dalam kantong plastik untuk dibagikan kepada masyarakat penerima kupon.(foto:hms1)
Ribuan masyarakat penerima kupon tampak riang gembira ketika mendapatkan daging hewan qurban dari Panitia Qurban Unib.(foto:hms1)