Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Unib Gelar Shalat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Qurban di Kampus

Unib Gelar Shalat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Qurban di Kampus

PADA Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah tahun 2024 ini, keluarga besar Universitas Bengkulu (Unib) akan melaksanakan shalat iduladha dan penyembelihan hewan qurban di dalam kampus.

Flayer ajakan dan himbauan shalet Iduladha di kampus Unib.(ist)

Pelaksanaan shalat ied menyesuaikan dengan waktu yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu tanggal 17 Juni 2024 sekira pukul 06.30 WIB. Lokasi shalat di lapangan depan gedung rektorat Unib.

Shalat ied akan dipimpin Ustad Rahmat Abdullah, S.Sos sebagai Imam dan Ustad Surohim, M.Si sebagai Khotib.

Setelah melaksanakan shalat Iduladha berjamaah, Rektor dan para Wakil Rektor, serta keluarga besar Unib akan mengikuti acara penyembelihan hewan qurban di halaman depan masjid kampus Unib yaitu Masjid Darul Ulum.

Hingga Jumat 14 Juni 2024 atau H-3 pelaksanaan, panitia terus mematangkan berbagai persiapan. Mengingat pelaksanaan shalat Iduladha merupakan kali pertama dilaksanakan di dalam kampus Unib.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Candra Irawan ketika menggelar rapat via zoom.(ist)

“Untuk shalat iduladha di kampus, ini perdana kita lakukan. Selama ini baik dosen maupun karyawan Unib melaksanakan shalat ied di masjid lingkungan rumahnya masing-masing,” ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unib, Prof. Dr. Candra Irawan, S.H, M.Hum selaku Ketua Panitia Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah.

Sedangkan untuk kegiatan penyembelihan hewan qurban, sudah menjadi agenda runtin tahunan bagi keluarga besar Unib, namun beberapa tahun terakhir kegiatan tersebut terhenti karena ada wabah Virus Corona (Covid-19).

Jumlah hewan qurban yang akan disembelih pada Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah di Unib ini kata Prof. Candra Irawan, sudah tersedia 7 ekor sapi. Para pengurban berasal dari sivitas akademika Unib sendiri, mulai dari pimpinan, para dosen dan tenaga kependidikan, serta dari Ketua Ikatan Alumni Unib dan bank mitra Unib.

Pemasangan tenda dan persiapan terus dilakukan panitia di lokasi penyembelihan hewan qurban.(ist)

Daging hewan qurban akan dibagikan kepada masyarakat dengan menggunakan kupon dan diperkirakan dari 7 ekor sapi tersebut menghasilkan 1.152 kupon (penerima manfaat) yang tergolong dalam 10 kelompok.

Penerima manfaat kelompok pertama yaitu pengurban sebanyak 245 kupon, panitia 106 kupon, pegawai non PNS 238 kupon, pegawai harian 55 kupon, Satpam 118 kupon, tenaga cleaning service (CS) 165 kupon, PNS Golongan 1 dan Golongan II sebanyak 27 kupon, warga Kelurahan Kandang Limun 88 kupon, warga Kelurahan Beringin Raya 20 kupon, dan kelompok mahasiswa 90 kupon.

Lokasi penyembelihan dan pembagian daging hewan qurban.(foto:hms1)

Pembagian kupon dilakukan panitia dan pengambilan daging qurban akan dilaksanakan di halaman Masjid Darul Ulum pukul 13.00 s.d 14.00 WIB tanggal 17 Juni 2024.

“Berbagai persiapan telah kita matangkan dan semoga tidak ada kendala hingga hari H,” ucap Prof. Candra Irawan.

“Kemudian, saya menyampaikan pesan Bu Rektor, menghimbau dan mengajak kita semua untuk melaksanakan shalat iduladha berjamaah di halaman gedung rektorat pada Senin pagi, 17 Juni 2024. Disamping meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, kegiatan ini diharapkan semakin menguatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar sivitas dan keluarga besar Unib,” Prof. Candra Irawan. [Purna Herawan/Humas].