Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Gandeng Yayasan Pendidikan, Psikologi SCU Ajak Mahasiswa Berikan Pendampingan di Sekolah

Gandeng Yayasan Pendidikan, Psikologi SCU Ajak Mahasiswa Berikan Pendampingan di Sekolah

Fakultas Psikologi (FPsi) Soegijapranata Catholic University (SCU) berencana mendorong pendampingan mahasiswa kepada siswa sekolah. Hal tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani Dekan FPsi SCU, Dr. Kristiana Haryanti bersama 3 yayasan pendidikan.

Salah satu penandatangan PKS tersebut dilakukan Dr. Kristiana bersama Ketua Yayasan Pangudi Luhur (PL) Semarang, Dr. Martinus Tukir Handoko, MSc, FIC. Dua lainnya bersama Ketua Yayasan Tri Daya Prima, Maria Yang Roswita, MSi, Psikolog dan Yayasan Talenta Semarang, Dr. Elisabeth W.M. Indira, Psikolog.

Rangkaian penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan di Kampus 1 SCU Bendan pada Senin, 10 Juni 2024.

Agenda Kerja Sama

Bakal berdinamika selama 3 tahun ke depan, ketiga yayasan akan membuka peluang magang kepada mahasiswa FPsi SCU. Melalui program magang, nantinya mahasiswa bisa memberikan pendampingan kepada para siswa di sekolah yang dinaungi ketiga yayasan.

“Sebelumnya sering di penelitian dan pengabdian. Magang beberapa memang sudah ada tapi belum terlalu banyak,” jelas Dr. Kristiana.

Selain itu, baik dosen maupun mahasiswa FPsi SCU juga mendapat kesempatan melakukan program pengabdian masyarakat di sana. Beberapa agendanya yaitu pengadaan pelatihan atau workshop dan pemeriksaan serta penanganan kasus psikologi.

Bukan hanya siswa, program tersebut juga akan mengundang keterlibatan para guru, termasuk wali kelas dan kepala sekolah.

Mahasiswa nantinya juga bisa ikut ambil peran dalam memberikan pendampingan guna mendukung pengembangan kepribadian siswa sekolah di ketiga yayasan.

Di samping itu, para dosen FPsi SCU juga bakal menggagas penelitian yang khususnya berkaitan dengan masalah belajar dan perkembangan siswa di sana. Penelitian ini pun nantinya direncanakan akan menggandeng mahasiswa FPsi SCU.

“Kami membuat legal-nya sebagai upaya untuk memperluas hubungan mahasiswa dengan kegiatan nyata di lapangan, sehingga mahasiswa setelah lulus potensi langsung bekerjanya bisa didorong,” harap Dr. Kristiana.

Persiapan Magang Program Profesi Psikolog

Program magang paling dekat pun disiapkan khususnya untuk mahasiswa Program Profesi Psikologi SCU. Hal ini berkaca pada kebutuhan magang 4 bidang yang harus diikuti oleh mahasiswa. Bidang tersebut yaitu tempat kerja, pendidikan, kesehatan, dan komunitas. Magang di masing-masing bidang pun akan memakan waktu selama kurang lebih 2 bulan.