Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Farmasi Unpad Tampilkan Produk Inovasi di Bidang Kosmetik pada ICI 2024

Farmasi Unpad Tampilkan Produk Inovasi di Bidang Kosmetik pada ICI 2024

[Kanal Media Unpad] Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran kembali diundang Persatuan Kosmetik Indonesia (Perkosmi) untuk berpartisipasi pada Pameran Indonesia Cosmetic Ingredients atau ICI 2024 di Hall D JIExpo, Jakarta, 29 – 31 Mei 2024 lalu.

Fakultas Farmasi melalui Labcos Farmasi Unpad berpartisipasi pada pameran bertajuk “Tren Inovasi dan Formulasi untuk Membantu Pertumbuhan Pasar Kosmetik Indonesia yang Pesat” tersebut.

Mengulangi sukses pada keikutsertaan tahun 2022 yang lalu, Labcos Farmasi Unpad menjadikan Inovasi dan Kolaborasi sebagai tema utama dan mengusung Bahan Baku Kosmetik 100% Indonesia sebagi tagline pada pameran tahun ini.

Delegasi Farmasi Unpad sendiri dihadiri langsung Dekan Fakultas Farmasi Prof. Dr. apt. Ajeng Diantini, periset utama Prof. Dr. apt. Sriwidodo, Dr. apt. Soraya Ratnawulan Mita, dan Tim lengkap dari Labcos yang seluruhnya alumni magister Farmasi Unpad, serta sejumlah mitra.

Dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad, berbagai inovasi yang ditampilkan Farmasi Unpad seperti bahan baku 100% Indonesia cosmetical grade minyak Sacha inchi Peru van Java, hasil inovasi dan riset kolaborasi Labcos dengan CV. Quilla menampilkan bahan baku unggulan minyak sacha inchi baik crude maupun refined yang kaya omega 3,6 dan vit A,D,E serta Mg, Ca.

Selanjutnya, inovasi dan kolaborasi Labcos bersama STFI Bandung dan PT. BAN/ PT. Punca Loka menampilkan berbagai bahan baku cosmetical grade 100% Indonesia Isolat alami herbal Indonesia, yang diproses dengan teknologi pemisahan terkini.

Isolat tersebut antara lain Antosianin, Mangostin, Metil sinamat, EPMS, Kurkumin, Andrografolid, Kuersetin, Brazilin, Piperin, Rice scrub, Mineral laut, Isoflavon aglikon, dan Katekin. Selain itu, ditampilkan juga inovasi mesin uji lipstik hasil karya anak bangsa.

Ditampilkan pula berbagai produk skincare Inovasi berbasis penelitian di Universitas Padjadjaran baik tesis riset Magister Kosmetik yang difasilitasi Hibah Direktorat Riset dan Pengabdian masyarakat, maupun Hibah Matching Fund Kedaireka 2023 yang difasilitasi Direktorat Inovasi dan korporasi dan Badan Pengembangan Usaha Komersial dan Investasi Unpad.

Tim juga menampilkan hilirisasi dan komersialisasi berkolaborasi dengan CV. DIA dan LCA memanfaatkan bahan baku hasil formulasi dan pengembangan Farmasi Unpad. Total ada 10 produk inovasi yang ditampilkan.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ajeng menyampaikan terima kasih kepada Perkosmi yang telah mengundang Unpad pada ICI 2024. Pameran ini menjadi bentuk dukungan Unpad dalam mewujudkan harapan pemerintah dalam penguatan bahan baku lokal maupun halal untuk dimanfaatkan industri kosmetik baik nasional maupun internasional.

“Farmasi Unpad juga memperluas riset dan penelitian dosen maupun mahasiswa agar inovasi dan publikasi di bidang kosmetik terus meningkat dan bermanfaat,” ujarnya.

Prof. Dr. apt. Sriwidodo menambahkan, keikutsertaan Farmasi Unpad pada ICI 2024 ini diharapkan dapat memperkuat perkembangan kosmetik Indonesia, khususnya dalam kemandirian kefarmasian di bidang bahan baku cosmetical grade yang telah berhasil diproduksi seluruhnya di Indonesia. Diharapkan kontribusi ini dapat menggerakkan ekonomi mulai dari petani, koperasi, industri lokal, distribusi, retail, hingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Dr.apt. Soraya Ratnawulan Mita juga mengatakan, ICI 2024 ini memacu para dosen peneliti  Fakultas Farmasi Unpad , khususnya dibidang kosmetika, untuk terus berinovasi  dalam pengembangan bahan baku  yang kompatible dan sangat dibutuhkan dalam formulasi sediaan kosmetika. (rilis)*