Kamis, 27 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Unpad Potong 24 Hewan Kurban dan Salurkan 66 Ekor ke Masyarakat Sekitar Kampus

Unpad Potong 24 Hewan Kurban dan Salurkan 66 Ekor ke Masyarakat Sekitar Kampus

[Kanal Media Unpad] Masih dalam rangkaian Iduladha 1445 H, Universitas Padjadjaran melaksanakan pemotongan hewan kurban yang digelar di kampus Jatinangor, Senin (17/6/2024). Pemotongan hewan kurban dilakukan selepas Salat Iduladha di Masjid Raya Unpad.

Kegiatan pemotongan hewan kurban tersebut dilakukan di dua lokasi, yaitu di halaman Gedung 4 kampus Fakultas Peternakan dan area kandang sapi Teaching Farm Sapi Potong Fapet Unpad.

Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Arif Firmansyah, S.Si., M.T., sebagai penanggung jawab kegiatan menjelaskan, kegiatan ini merupakan implementasi dari visi dan misi Unpad untuk memberikan kebermanfaatan kepada sebanyak mungkin masyarakat. Juga sebagai bentuk nyata kepedulian Unpad kepada sesama.

Arif menuturkan, tempat pemotongan terpisah di dua tempat karena sumber hewan kurban dan tim pelaksananya yang berbeda.

Pemotongan di Kampus Fapet dikhususkan untuk memotong domba sejumlah 24 ekor, bagian dari 90 hewan kurban yang dihibahkan kepada 90 orang muqarib (orang yang berkurban) terdiri dari para tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

“24 ekor yang dipotong di kampus ini adalah jatah bagi para muqarib. Dari setiap hewan yang dikurbankan, ada sepertiga jatah bagi muqarib. Jatah muqarib ini kemudian diakadkan untuk disatukan, dipotong di kampus Unpad, untuk 90 orang,” jelas Arif.

Namun, tentu saja potongan dari 24 ekor tersebut melebihi jumlah muqarib. Maka sebagiannya lagi dibagikan kepada 15 orang mahasiswa asing yang diusulkan oleh Panitia Kurban Unpad. Mahasiswa asing tersebut kemudian diakadkan sebagai bagian dari muqarib.

Sementara pemotongan di kandang sapi dialokasikan untuk tambahan dua ekor sapi. Masing-masing hewan tersebut merupakan hibah dari Bank BSI dan Bank Muamalat. Pemotongan sapi ini dikelola oleh tiga tim, yaitu dari Satuan Pengamanan (Satpam) Unpad, Masjid Raya Unpad (MRU), dan perwakilan mahasiswa yang terdiri dari unsur BEM dan asrama.

“Hibah dari bank tersebut dikonversi menjadi hewan kurban. Jadi dua sapi berarti ada 14 muqarib. Mereka terdiri dari tujuh orang dari Satpam, dua orang perwakilan MRU, dan sisanya adalah mahasiswa penghuni asrama,” tutur Arif.

Selain pemotongan di wilayah kampus, Unpad juga menyalurkan 66 hewan kurban berjenis domba kepada masyarakat di sekitar kampus Unpad. Penyaluran hewan kurban tersebut digelar di halaman Gedung 4 Kampus Fapet Unpad, Jatinangor, Jumat (14/6/2024).

Penyaluran hewan kurban tersebut dilakukan ke 12 desa di Kecamatan Jatinangor, tiga desa di Kecamatan Sukasari, kampus PSDKU Pangandaran, Kecamatan Jatinangor, Kampus Unpad di Arjasari, serta di Kelurahan Lebak Gede, Kota Bandung. (arm)*

Foto oleh Dandi Supriadi dan Dadan Triawan