Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa FKG Unpad Gelar Pameran Material dan Teknologi Kedokteran Gigi

Mahasiswa FKG Unpad Gelar Pameran Material dan Teknologi Kedokteran Gigi

[Kanal Media Unpad] Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan kegiatan Ekshibisi Material dan Teknologi Kedokteran Gigi sebagai bagian dari Project Based Learning. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Teater Ilmu Pengetahuan, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (20/6/2024) dan Jumat (21/6/2024). 

Project Based Learning tersebut merupakan proyek dari mata kuliah di Departemen Ilmu dan Teknologi Material Kedokteran Gigi (ITMKG) yang diikuti oleh mahasiswa FKG Unpad Angkatan 2023. Pengunjung dalam ekshibisi ini terdiri dari sivitas akademika Unpad, mahasiswa dari perguruan tinggi di luar Unpad, calon mahasiswa, serta masyarakat umum. 

Project Based Learning terhitung sebagai pembelajaran aktif yang menjembatani proses transfer keilmuan terhadap aplikasi penggunaanya,” kata Dr. Veni Takarini, drg., M.Kes., selaku Manajer Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Alumni FKG Unpad.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa menyampaikan edukasi seputar ilmu material dan teknologi kedokteran gigi dengan berbagai hasil kreativitas, mulai dari slide dan video interaktif, alat peraga, serta hands-on bagi para pengunjung. 

Tema-tema edukasi yang disampaikan oleh para mahasiswa ini berada di bawah bimbingan pada dosen, diantaranya “Lilin dan Hasil Carving” oleh Prof. Dr. Nina Djustiana, drg., M.Kes., “Bahan Cetak” oleh Dr. Renny Febrida, drg., M.Si., “Gips dan Model Hasil Cetakan” oleh Dr. Veni Takarini, drg., M.Kes., serta “Sifat Fisis, Optical Properties” oleh Elin Karlina, drg., M.Kes.

Selanjutnya adalah “Sifat Mekanis Simulasi Pengunyahan” oleh Deby Fajar Mardhian, S.Si., M.T., Ph.D., “Sifat Elektrokimia Fenomena Korosi” oleh Gema Gempita, drg., M.S., “Sifat Biologis Pasta Gigi” oleh Yanwar Faza, drg., M.Kes., dan “Struktur Bahan dan Adhesif” oleh Dr. Kosterman Usri, drg., MM.

Melalui pelaksanaan kegiatan ekshibisi ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan serta meningkatkan kompetensi mereka sesuai dengan tujuan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Tidak hanya itu, manfaat lainnya juga mahasiswa menjadi lebih memahami dan dapat mentransfer ilmu yang didapatkan kepada masyarakat. (rilis)*