Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Peserta Wajib Pahami Teknis dan Tata Tertib Ujian SMUP 2024

Peserta Wajib Pahami Teknis dan Tata Tertib Ujian SMUP 2024

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan ujian Seleksi Mandiri SMUP 2024 pada Sabtu (29/6/2024). Peserta ujian Seleksi Mandiri Unpad tersebut dilakukan secara daring menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Panitia pelaksana ujian Seleksi Mandiri Unpad Dr. Juli Rejito, M.Kom., menjelaskan, peserta sudah bisa mengunduh kartu peserta ujian Seleksi Mandiri Unpad. Di dalam kartu peserta tersebut tertera jadwal ujian Seleksi Mandiri pada Sabtu (29/6/2024) pukul 8.00 – 11.00 WIB, serta jadwal simulasi ujian yang dilakukan pada Rabu (26/6/2024) dan Kamis (27/6/2024).

“Kita siapkan kepada peserta ini simulasi atau uji coba pelaksanaan ujian selama dua hari,” kata Juli.

Secara teknis, ada beberapa persyaratan yang wajib disiapkan peserta ujian SMUP. Pertama, kata Juli, peserta wajib menggunakan perangkat keras berupa laptop atau komputer PC yang memiliki webcam, menggunakan sistem operasi Windows 10 atau 11, menggunakan prosesor CPU minimal Intel i3, RAM minimal 4 GB, dan kapasitas memori minimal 10 GB.

“Untuk perangkat berbasis MacOS tidak direkomendasikan karena terkait dengan setting yang bisa jadi tidak terlalu mudah,” imbuhnya.

Peserta juga wajib memiliki koneksi internet yang stabil, atau minimal memiliki kuota internet 4 Gb dan kecepatan 1 Mbps. Juli mengatakan, koneksi internet yang tidak stabil akan menyebabkan proses ujian tidak maksimal dilakukan.

Kedua, peserta wajib mengunduh dan menginstalasi aplikasi ujian Safe Exam Browser. Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh melalui laman https://go.unpad.ac.id/SMUP2024. Saat aplikasi dijalankan, peserta tinggal memasukkan tautan akses ke server yang sudah tercantum di karti peserta.

Peserta juga wajib menginstalasi aplikasi telekonferensi Zoom. Juli menjelaskan, aplikasi Zoom diperlukan sebagai media kontrol aktivitas peserta oleh pengawas ujian. “Mereka diawasi melalui Zoom. Meskipun di dalam komputer peserta sudah ada webcam, Zoom digunakan untuk melihat aktivitas peserta saat mengerjakan soal ujian,” terangnya.

Juli mengingatkan agar peserta sudah mengunduh dan menginstalasi aplikasi ujian dilakukan tidak mendekati waktu pelaksanaan ujian. Peserta bisa mengunduh dan menginstalasi aplikasi saat melakukan simulasi pada 26 dan 27 Juni 2024.

“Banyak yang instalasi aplikasinya mendadak sebelum ujian, tentu ini akan menunda waktu ujian. Tapi kita tetap fasilitasi dengan batas waktu sekitar setengah jam,” kata Juli.

Selain itu, beberapa kendala yang kerap ditemukan saat pelaksanaan ujian adalah habisnya kuota internet. Untuk itu, peserta wajib menyediakan kuota minimal internet yang sudah ditetapkan panitia. 

Apabila koneksi internet terputus selama ujian, peserta bisa melanjutkan kembali sisa ujian yang belum dilakukan tatkala internet kembali terkoneksi. Namun, tidak ada penambahan waktu ujian yang diberikan.

Kendala lainnya adalah kemungkinan listrik mati selama ujian. Dalam hal ini, kata Juli, peserta langsung melaporkan kendala kepada tim helpdesk ujian untuk dicatat dan diberikan fasilitas melanjutkan ujian dengan sisa waktu yang ada.

Untuk itu, peserta yang menemukan berbagai kendala selama ujian dapat langsung menghubungi via chat kepada helpdesk ujian. Panitia sudah menyediakan 10 nomor Whatsapp yang bisa dihubungi saat terjadi kendala. Sepuluh nomor tersebut sudah dicantumkan dalam kartu ujian.

“Silakan lapor ke heldesk, kita akan catat. Kita tetap fasilitasi mereka supaya mereka tetap dalam porsi mengerjakan soal yang kita berikan, meskipun waktu pengerjaannnya tertunda. Yang penting diinformasikan ke helpdesk, sehingga bisa kita fasilitasi waktu sisanya,” kata Juli.

Juli juga mengingatkan peserta untuk siap maksimal 1 jam sebelum pelaksanaan ujian dan sudah login di aplikasi ujian. Sambil menunggu ujian dimulai, peserta bisa latihan kembali ujian melalui fitur latihan ujian di aplikasi tersebut. Latihan ini dilakukan agar peserta lebih mengetahui tampilan aplikasi ujian sehingga peserta tidak kebingungan saat mengerjakan ujian.

“Tampilan layar ujian perlu dipahami peserta supaya saat ujian, mereka bisa fokus ke ujian,” pungkas Juli.

Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan ujian SMUP bisa dilihat pada laman https://smup.unpad.ac.id/seleksi-mandiri-ujian-smup-2024/.*